Luhut: Angka Kasus Harian di Jawa-Bali Turun 50 Persen selama PPKM Level 4

Tim Editor

Luhut Binsar Panjaitan (Antara)

ERA.id - Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penerapan PPKM darurat dan PPKM level 4 sukses menurunkan kasus COVID-19 di Jawa dan Bali.

Luhut menyebut penurunan terjadi setelah 15 Juli, meskipun terjadi sedikit kenaikan mobilitas.

"Indeks mobilitas memang sedikit mengalami kenaikan dan sudah terprediksi akibat pelonggaran yang dilakukan. Angka kasus harian di Jawa-Bali mengalami penurunan signifikan hingga 50 persen dari puncaknya beberapa waktu yang lalu," jelas Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Luhut juga memaparkan penyesuaian daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2. Rincian daerah tersebut akan diumumkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


"Dalam penerapan PPKM level 4 dan 3 pada tanggal 3 Agustus nanti terdapat 12 kabupaten/kota yang masuk ke level 3; dan 1 kabupaten masuk ke level 2," ujarnya.

Selain itu, Luhut mengatakan ada beberapa kabupaten/kota yang juga naik ke level 4 karena terjadinya peningkatan kasus kematian.

"Untuk itu, Ada beberapa daerah yang memang dibutuhkan perhatian khusus karena masih tingginya jumlah kasus terkonfrimasi, positivity rate dan juga jumlah kematian warganya seperti Bali, Malang Raya,DIY dan Solo Raya," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021.


Tag: PPKM ppkm diperpanjang luhut binsar pandjaitan PPKM Level 4

Bagikan: