Tegas! Luhut Peringatkan Tokoh Politik Jangan Asal Komentar Soal Perpanjangan PPKM Level 4

Tim Editor

Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Antara)

ERA.id - Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pulau Jawa-Bali mulai 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator PPKM meminta seluruh komponen masyarakat kompak menerapkan PPKM di wilayahnya masing-masing.

"Saya berharap supaya kita semua satu supaya kita kompak untuk ini," ujar Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (2/8/2021).

Luhut menegaskan, jangan pernah ada yang berpikir bahwa penanganan pandemi COVID-19 ini adalah hasil kerja satu orang. Dia juga menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada satu negara pun yang benar-benar bisa mengatasi virus Corona khususnya di tengah penyebaran varian Delta.

"Bapak Presiden (Joko Widodo) memberikan arahan yang sangat jelas kepada kami, sehingga kami bisa bekerja dengan tuntas dan lugas untuk menyelesaikan masalah yang betul-betul kompleks. Jadi belum ada satu negara pun di dunia yang bisa mengklaim bahwa mereka imun terhadap varian delta ini," kata Luhut.

Koordinator PPKM Level 3 dan 4 Pulau Jawa-Bali ini mencontohkan salah satu negara yang belum bisa mengatasi pandemi COVID-19 dan varian Delta adalah Amerika Serikat. Menurutnya, pemerintah Amerika Serikat pun harus merubah strategi penanganan pandemi di negaranya karena kasus positif COVID-19 kian melonjak.

Oleh karena itu, dia meminta para pimpinan politik untuk tidak usah banyak berkomentar mengenai apa pun kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

"Jadi saya mohon bangsa ini pun pemimpin-pemimpin kita dalam bidang politik semua tolong tidak berkomentar kalau komentarnya belum jelas. Kalau mau berkomentar silahkan, kami sangat senang sekali untuk memberikan penjelasan-penjelasan secara detail kepada siapa pun di Republik Indonesia, karena kita memiliki ini semua," tegasnya.

Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang PPKM level 4 di sejumlah daerah hingga 9 Agustus. Aturan PPKM Level 4 'jilid II' ini tak berubah seperti halnya PPKM dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus lalu.

"Pemerintah juga akan melakukan beberapa penyesuaian terkait pembukaan kembali aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap. dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," kata Jokowi dalam keterangan pers, Senin (2/8/2021).

Tag: PPKM Level 4 Luhut Binsar Panjaitan

Bagikan: