Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Arteria Dahlan Ingatkan Post Colour Syndrome, Sindir Andi Arief?

| 04 Aug 2021 15:15
Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Arteria Dahlan Ingatkan Post Colour Syndrome, Sindir Andi Arief?
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan ikut berkomentar soal pengecatan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2. Pesawat Kepresidenan itu semula berwarna biru kombinasi putih kini berubah berwarna merah dengan kombinasi putih.

Menurut Arteria, tak ada yang salah dengan warna baru pesawat Kepresidenan. Menurutnya, warna merah putih itu mencerminkan warna bendera Indonesia.

"Warna bendera negara kita kan merah putih, bukan warna biru. Justru kita bertanya, kok dulu tak sejak awal pesawat itu diwarnai merah putih? Lalu apa yang salah dengan warna pesawat kepresidenan jika diubah menjadi merah putih sesuai warna bendera negara kita?" kata Arteria melalui keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Arteria lantas menyindir warna pesawat Kepresidenan saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengecat pesawat Kepresidenan berwarna biru, bukan warna merah putih seperti bendera Indonesia.

Lebih lanjut, Arteria menilai masyarakat justru harus waspada jangan sampai terjerat dengan logika yang dibangun pihak tertentu yang tak bisa menerima warna bendera partainya tak lagi identik dengan warna pesawat kepresidenan yang lama.

Menurutnya, warna pesawat kepresidenan saat ini, adalah perwujudan simbol negara sesuai warna bendera nasional Indonesia.

"Mari berhati-hati dengan yang post power syndrome. Mungkin saja ini nanti jadinya post colour syndrome hanya karena tak bisa menerima bahwa warna pesawat kepresidenan tak lagi sama dengan warna bendera partainya," kata Arteria.

"Kepada pihak-pihak tertentu, kami mengingatkan, bahwa rakyat menghargai kerja, bukan tampilan pencitraan dan warna. Lebih baik saat ini kita ikut prihatin, membangun kesetiakawanan sosial dan gotong royong, kalau boleh ya kerja langsung, turun ke rakyat untuk membantu di tengah pandemi COVID-19 yang membuat situasi hidup rakyat sulit," imbuhnya.

Sebelumnya, politisi Demokrat, Andi Arief mencuitkan hal unik tentang pesawat kepresidenan yang dicat ulang melalui akun Twitter-nya.

"Sekarang pesawat kepresidenan berwarna merah. Entah maksudnya apa, bisa warna bendera bisa juga corona," tulis Arief.

Menjadi orang dekat SBY, Arief juga menyebut kalau dulu, warna biru untuk pesawat presiden, punya alasan tersendiri.

"Dulu biru. Desain dan warna karya seorang mayor desainer di TNI AU. Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan, sebagai warna kamuflase saat terbang."

"Menghapus jejakmu kata Ariel," tandasnya.

Rekomendasi