Bahas Esemka Jokowi, Rizal Ramli: Mohon Maaf karena Membantu Promosikan Mobil Siluman

Tim Editor

Jokowi semasa menjabat Wali Kota Solo, berjongkok di samping mobil Esemka

ERA.id - Sampai hari ini keberadaan mobil Esemka yang dulu diagung-agungkan mantan Wali Kota Solo yang sekarang menjabat Presiden, Joko Widodo atau Jokowi, masih misterius.

Ada pihak yang bilang, mobil tersebut ada berikut pabriknya. Namun, produk tersebut dibikin tidak banyak.

Konon kabarnya, menurut informasi, Esemka sudah banyak peminatnya semenjak diluncurkan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka).

Adapun pabrik sekaligus diler yang berlokasi di Dusun II, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) itu disebut sudah memproduksi mobil andalan Jokowi itu sejak September 2019.

Selama ini produksi yang dilakukan di pabrik yang memiliki luas 12.500 meter persegi itu masih terbatas untuk tipe Bima 1.2 dan juga Bima 1.3.

Kendaraan ini juga dianggap mendapatkan respons yang cukup bagus oleh masyarakat. Konon, banyak instansi yang membeli mobil buatan dalam negeri tersebut.

Soal Esemka sendiri, sebuah unggahan lama yang menampilkan Jokowi berfoto bersama Esemka kembali viral di media sosial Facebook. Saat itu, ayah dari Gibran ini masih menjadi Wali Kota Solo.

"Selamat buat adik-adik siswa siswi SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta yang berhasil membuat mobil ESEMKA ini.

Walikota Surakarta Joko Widodo menjadikan mobil ESEMKA sebagai mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, mobil asli buatan Anak Solo.

Prestasi dari siswa-siswa SMK ini semoga menginspirasi anak-anak muda lain di Kota Solo khususnya dan di seluruh Indonesia umumnya untuk terus berkarya," tulis akun Fan Page Kota Solo pada 2 Januari 2012 silam.

Walau unggahannya sudah lama, namun momen itu kembali dibagikan dan terbukti mendapat banyak respons masyarakat. Banyak yang memberikan emot tertawa saat Jokowi memegang Esemka.

Adapun komentar soal foto Jokowi itu beragam. "Hampir 10 tahun, masih ke up ini postingan," tulis Heril Edy Ambo'na Hafizah.

"Inden 100 tahun," tulis Ayung Juventini.

"Awal mula petaka.diindonesia," Dedy Syofyan.

Di lain tempat, Rizal Ramli ikut menanggapi produk kontroversi dari Jokowi itu. Semua diawali dari cuitan mantan mahasiswa ITB sekaligus komika, Sammy Notaslimboy.

"Elon Musk. Tesla. Mobil Listrik. Jokowi. Esemka. Mobil Politik," tulis Sammy dalam akun Twitter-nya.

RR pun membalas waktu 20212 silam, ia termasuk orang yang mendukung kehadiran Esemka sebagai produk yang bagus. Namun belakangan, ia sadar dirinya di-prank.

"Sammy, ketika ide Esemka diperkenalkan Jokowi di TV Metro 2012, saya dukung krn buat mobil nasional cukup produksi 300.000 unit (Minimum Economic of Scale, hanya 1/4 penjualan mobil nasional). Pasti bisa! Ternyata saya & rakyat di prank ! Maaf saya naif, ternyata prank nonstop," balas Rizal.

Komentar itu kemudian dibalas lagi oleh @MemehRahmawati. "Saya pingin bgt tau deh... Waktu liat penampilan dan posturnya bpk itu apa yg pertama terlintas di pikiran bapak?"

Tak lama, Rizal lalu merespons. "Kepincut,, sangat sederhana, down-to-earth. RR gampang kepincut lihat orang sederhana. RR tidak ahli baca muka & expresi. Staff EO bilang ia tidak tulus. RR tidak mau suudzon. Saya mohon maaf kpd rakyat Indonesia krn membantu promosikan mobil siluman itu di Metro TV 2012," tandasnya.

Tag: jokowi rizal ramli mobil esemka esemka prank

Bagikan: