Sidang Tahunan MPR RI Hanya Dihadiri 60 Orang, Megawati dan SBY Hadir Virtual

| 16 Aug 2021 06:45
Sidang Tahunan MPR RI Hanya Dihadiri 60 Orang, Megawati dan SBY Hadir Virtual
Arsip: Presiden Joko Widodo bersama Bambang Soesatyo dan Ma'ruf Amin menjelang Sidang Tahunan MPR RI, 14 Agustus 2020. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI/DPD, dan Rapat Paripurna DPR RI tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022 akan digelar hari ini, Senin (16/8/2021).

Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan hadir secara virtual.

"Undangan yang mengikuti secara virtual, antara lain dua mantan presiden yakni, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad melalui keterangan tertulis, Minggu (15/8/2021).

Selain itu, empat mantan wakil presiden RI yaitu Try Sutrisno, Hamzah Haz, Jusuf Kalla, dan Boediono juga dijadwalkan hadir secara virtual. Dua mantan Ketua MPR, empat mantan Ketua DPR, dan empat mantan Ketua DPD juga akan hadir secara virtual.

"Hadir juga secara virtual sebanyak 540 anggota DPR dan 124 anggota DPD, 103 duta besar/perwakilan negara sahabat, 8 pimpinan BPK, 9 jajaran Mahkamah Agung (MA), 7 orang jajaran Mahkamah Konstitusi (MK), 6 orang jajaran Komisi Yudisial (KY), dan 34 gubernur se-Indonesia," papar Dasco.

Dasco mengatakan, Sidang Tahunan MPR RI akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19. Oleh karenanya, undangan yang hadir langsung hanya dibatasi sebanyak 60 orang.

Mereka yang hadir langsung juga diwajibkan melakukan tes swab PCR sebelum memasuki ruang sidang.

"Pada sidang tahunan, akan melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dimana terdapat kewajiban tes PCR untuk memasuki ruang sidang. Pelaksanaan Sidang Tahunan ini sudah disepakati hanya dihadiri 60 orang secara fisik dan sisanya secara virtual," kata Dasco.

Adapun rincian 60 orang yang hadir secara fisik adalah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pimpinan DPR RI sebanyak 5 orang, pimpinan MPR RI sebanyak 10 orang, dan ketua fraksi/kelompok DPD berjumlah 10 orang.

Kemudian, ketua fraksi di DPR RI sebanyak 9 orang, pimpinan DPD sebanyak 4 orang, perwakilan subwilayah sebanyak 4 orang, serta pimpinan lembaga negara seperti Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY dijadwalkan hadir langsung dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI 2021.

"Selain itu dari unsur pemerintah, di antaranya Menko Polhukam, Menko PMK, Menko Marives, Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri," kata Dasco.

Untuk diketahui, pelaksanaan SIdang Tahunan MPR RI Sidang Bersama DPR RI/DPD, dan Rapat Paripurna DPR RI tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022 akan diselenggarakan di Gedung Nusantara, Komplek MPR/DPR RI.

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugasnya selama setahun terakhir dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Rekomendasi