Waspada Corona Varian Delta, Terdeteksi Paling Banyak di 10 Provinsi Ini

| 19 Aug 2021 10:42
Waspada Corona Varian Delta, Terdeteksi Paling Banyak di 10 Provinsi Ini
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah melalui Jubir Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menerangkan, virus Covid-19 varian Delta telah terdeteksi menyebar di seluruh wilayah di Tanah Air.

Menurut Nadia, paling banyak varian Delta ini terdeteksi tinggi di 10 Provinsi. Antara lain, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Apalagi, provinsi-provinsi itu mempunyai tingkat testing Covid-19 yang cukup rendah.

“Provinsi-provinsi untuk lebih waspada dan meningkatkan testing dan tracing mengingat jumlah varian Delta yang terdeteksi cukup tinggi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat," ujarnya, dalam siaran persnya secara virtual, Kamis (19/8/2021).

"Kemudian Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua dengan angka testing rate dibawah rata-rata nasional,” tambahnya

Menurutnya, per tanggal 18 Agustus ditemukan dari 500.000 sekuensing yang dilakukan, tercacat 80 persen merupakan dari varian Delta.

Ia pun meminta agar provinsi-provinsi itu meningkatkan upaya testing, tracing dan laporkan kasus-kasus yang masuk kriteria untuk dilakukan pemeriksaan sekuensing ke laboratorium rujukan sequencing yang sudah ditunjuk.

Rekomendasi