BIN Waspadai Kelompok Teroris yang Dekat dengan Taliban

| 20 Aug 2021 12:53
BIN Waspadai Kelompok Teroris yang Dekat dengan Taliban
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Badan Intelijen Negara (BIN) tengah melakukan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok teroris di Indonesia yang memiliki kedekatan ideologis dan jaringan dengan Taliban.

Hal ini merespons kelompok Taliban yang menguasai Afghanistan bebera hari lalu.

"BIN bersama jajaran intelijen melakukan langkah antisipatif dengan memperkuat deteksi dini dan cegah dini terutama kepada kelompok teroris yang memiliki kedekatan ideologis dan jaringan dengan Taliban," ujar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (20/8/2021).

Wawan mengatakan, selama ini pergerakan kelompok teroris di Indonesia sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan situasi di tingkat global dan regional.

Misalnya, kata Wawan, saat ISIS mendeklarasikan cita-citanya untuk mewujudkan Negara Islam di Irak pada 2014, ada beberapa WNI yang tertarik untuk menjadi bagian dari Negara Islam di Irak dan Suriah.

Lebih lanjut, Wawan mengatakan, bahwa Taliban berjanji tidak akan mengusik misi diplomatik asing di Afghanistan setelah menguasai negara tersebut. Namun, pemerintah tetap terus memonitor situasi keamanan di Afghanistan.

"Keselamatan WNI dan staf KBRI di Afghanistan, menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia. Sejauh ini kondisi WNI dan staf KBRI di Afghanistan dalam kondisi aman dan selamat," pungkas Wawan.

Rekomendasi