Hanya di 4 Kota, 1.000 Restoran Bakal Uji Coba Buka dengan 25 Persen Kapasitas

| 30 Aug 2021 20:40
Hanya di 4 Kota, 1.000 Restoran Bakal Uji Coba Buka dengan 25 Persen Kapasitas
Ilustrasi (Shutterstock)

ERA.id - Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan restoran dan kafe yang memiliki tempat usaha di ruang tertutup selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) khusus Pulau Jawa dan Bali.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, uji coba tersebut akan dilakukan di 1.000 oulet restoran.

"Uji coba 1.000 outlet restoran di luar mall dan berada di ruang tertutup untuk bisa beroperasi," ujar Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (30/8/2021).

Meski begitu, kapasitas pengunjung yang boleh datang dibatasi hanya 25 persen. Uji coba dilakukan hanya di empat kota besar di wilayah Jawa-Bali yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

"Bisa beroperasi dengan 25 persen kapasitas di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Semarang," kata Luhut.

Untuk diketahui, pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 4,3, dan 2 di wilayah Jawa-Bali mulai 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Di aturan sebelumnya, untuk restoran dan kafe yang berada di ruangan tertutup dan di luar mall maupun pusat perbelanjaan belum boleh beroperasi. Pemerintah hanya memperbolehkan aktivitas nongkrong di kafe maupun restoran harus berada di ruangan terbuka dengan kapasitas 25 persen dan satu meja maksimal dua orang.

Rekomendasi