Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Capai 100 Juta Dosis per 31 Agutus 2021, Target Jokowi Terpenuhi

| 01 Sep 2021 14:55
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Capai 100 Juta Dosis per 31 Agutus 2021, Target Jokowi Terpenuhi
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (Dok. Antara)

ERA.id - Kementerian Kesehatan menyampaikan, vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berhasil mencapai angka 100 juta dosis vaksin per 31 Agustus 2021. Hal tersebut juga sesuai dengan target yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada para jajarannya. 

"Berita baik bahwa sesuai dengan peta jalan kita tanggal 31 Agustus kemarin kita mencapai 100 juta dosis vaksin Covid-19," uja Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam koferensi pers di YouTube Kementerian Kesehatan RI, Rabu (1/9/2021).

Dengan terpenuhinya target tersebut, Nadia tetap mengimbau agar masyarakat yang belum divaksin tak ragu melakukan vaksinasi. Dia menekankan, seluruh vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah saat ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Nadia menjelaskan, vaksinasi merupakan salah satu upaya penting dalam menurunkan laju penyebaran Covid-19. Sehingga, diharapkan jumlah masyarakat yang menerima vaksin akan semakin bertambah ke depannya.

"Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia saat itu bagi kita," kata Nadia.

"Apapun jenis vaksinnya ingat tidak usah khawatir karena pasti sudah dijamin keamanannya, mutu dan kualitasnya serta efektivitasnya," imbuhnya.

Nadia juga berharap, dengan tercapainya target 100 juta dosis vaksin Covid-19 di akhir Agustus 2021, maka target kekebalan kelompok atau herd immunity juga segera tercapai. 

Meski begitu, vaksinasi saja tidak cukup. Masyarakat tetap diminta untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona.

"Banyak negara yang sudah cakupan vaksinasi yang cukup tinggi tapi kemudian terjadi tren peningkatan kasus, Artinya kita harus tetap waspada terutama dalam upaya kita bersama mencapai 70 persen sasaran penduduk Indonesia," kata Nadia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi target kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait capaian vaksinasi Covid-19. Di akhir Agustus, Presiden Jokowi ingin 100 juta dosis vaksin sudah disuntikkan ke masyarakat.

"Saya minta kepada Menteri Kesehatan sampai akhir bulan Agustus ini kita harus bisa mencapai penyuntikkan lebih dari 100 juta dosis vaksin," kata Jokowi, Senin (23/8/2021).

Rekomendasi