Pemerintah Sokong Gelaran PON XX Papua dengan Infrastruktur Medis Hingga Vaksinasi

| 07 Sep 2021 09:16
Pemerintah Sokong Gelaran PON XX Papua dengan Infrastruktur Medis Hingga Vaksinasi
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD, Ph.D, KEMD. (Foto: Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

ERA.id - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Dalam rentang waktu kurang dari satu bulan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah rencana agar ajang olahraga tersebut berjalan baik.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 420 tenaga medis yang akan bertugas selama PON XX Papua 2021 berlangsung.

"Untuk membuat kegiatan PON terlaksana dengan baik, disiapkan 420 tenaga medis," ujar Dante dalam konferensi pers daring, Senin (6/9/2021).

Dante juga memaparkan pemerintah telah menyiapkan 18 rumah sakit rujukan di kabupaten/kota dan empat rumah sakit rujukan nasional yang terintegrasi dengan venue PON. Kemudian, disediakan pula wisma atlet hingga pos medis (medical station).

Selain itu, pemerintah juga akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lima kabupaten/kota tempat diselenggarakannya PON XX Papua 2021. Kelima kabupaten/kota tersebut antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kereon.

"Vaksinasi yang sudah diberikan beberapa daerah memerlukan vaksinasi yang optimal dan diakselarasi lebih cepat terutama di Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kereon," ujar Dante.

Menambahkan, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan Dinas Kesehatan dan TNI-Polri untuk membantu percepatan vaksinasi di lima kabupaten/kota tempat diselenggarannya PON XX Papua 2021.

"Bapak Presiden meminta akselerasi vaksinasi menjadi fokus utama dan juga diberikan perioritas kepada lima kabupaten/kota tempat diselenggarannya PON. Untuk itu Dinkes, TNI-Polri perlu dikerahkan," katanya.

Untuk diketahui, PON XX Papua akan digelar selama satu pekan mulai 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Total ada 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua 2021 mendatang

Kota Jayapura akan menjadi tuan rumah 15 cabang olahraga. Kabupaten Jayapura akan menggelar 14 cabang olahraga. Kabupaten Mimika melaksanakan 9 cabang olahraga, dan Kabupten Merauke menghelat 6 cabang olahraga.

Rekomendasi