Baru Masuk Koalisi Jokowi, Ketum PAN Minta Jatah Menteri: Saya Nitip, Mas Soetrisno Bachir Diperankan Apapun Terserah

| 13 Sep 2021 19:00
Zulkifli Hasan (Dok. Instagram zul.hasan)

ERA.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan merekomendasikan salah seorang tokoh senior yang juga Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir kepada Presiden Joko Widodo untuk dijadikan menteri.

Meski begitu, Zulkifli menekankan, hal ini bukan berarti PAN mengajukan nama untuk dituruti. Sebab, kewenangan sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

"Sekali lagi, ini memang di luar kebiasaan. Kita tidak menyodorkan. Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan karena ada Dewan Kehormatan PAN namanya mas Tris (Soetrisno Bachir) itu tim sukses Pak Jokowi, dulu ketua KEIN (Komite Ekonomi Industri Nasional)," kata Zulkifli seperti dikutip dari kanal YouTube Karni Ilyas Club pada Senin (13/9/2021).

Zulkifli mengatakan, apabila memungkinkan, dia ingin Jokowi menunjuk Soetrisno menjadi menteri ataupun peran lainnya di dalam pemerintahan sesuai kehedak Jokowi.

"Kalau memungkinkan saya menitip apa saja. Mas Tris sebagai tim sukses pak Jokowi pada waktu itu bisa kembali diperankan apapun terserah," katanya.

Untuk diketahui, Soetrisno merupakan salah satu tim sukses Jokowi di Pilpres 2014. Meskipun sikap politiknya dengan PAN berbeda dia tetap menggerakkan relawan pemenangan Jokowi ketika itu.

Lebih lanjut, mantan Ketua MPR RI itu mengakui, banyak pertanyaan yang muncul mengenai jabatan menteri setelah PAN resmi menyatakan bergabung dengan partai politik koalisi. Meski begitu, hingga saat ini belum ada pembicaraan terkait hal terebut.

"Sejujurnya apa adanya kita memutuskan kemarin sampai rakernas belum ada pembicaraan soal itu, belum ada, kami menyadari itu hak prerogatif presiden," kata Zulkifli.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumpulkan para petinggi partai koalisi pemerintah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/8) lalu.

Selain enam partai koalisi, pertemuan tersebut juga dihadiri PAN. Hal itu sekaligus menandakan PAN resmi bergabung dengan koalisi pemerintah.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menyebut PAN adalah sahabat baru di koalisi pemerintah. Sedangkan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengaku partainya sejak awal kepemimpinan Zulkifli Hasan memang sudah menyatakan dukungan untuk Jokowi.

"PAN sejak kepemimpinan Ketum Bang Zul telah menegaskan sebagai partai politik pendukung pemerintah, ikut sebagai partai koalisi," kata Viva.

Rekomendasi