PAN Buka Peluang Usung Tokoh Non Partai Jadi Capres 2024, Ada Nama Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil

| 31 May 2022 13:25
PAN Buka Peluang Usung Tokoh Non Partai Jadi Capres 2024, Ada Nama Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan partainya membuka peluang untuk mengusung tokoh non partai politik sebagai calon presiden (capres) 2024.

Sejumlah tokoh yang dilirik PAN antara lain yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu, PAN juga melirik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Tentu kita tidak menutup kemungkinan dari pihak luar. Ada Anies, Ganjar, Erick, Ridwan Kamil, Khofifah," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Menurut Yandri, tokoh-tokoh tersebut cukup dekat dengan PAN. Bahkan beberapa kali pernah diundang untuk menjadi pembicara dan menyampaikan visi misi membangun negara.

Selain itu, PAN juga menyiapkan tokoh dari internal partai, yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir.

"PAN ada Bang Zul, ada lagi dari internal Soetrisno Bachir juga dicantumkan," kata Yandri.

Meski begitu, PAN tak bisa memutuskan sendiri. Yandri mengatakan perlu ada kesepatan dari Partai Golkar dan PPP, sebab ketiga partai politik tersebut tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Semisal nantinya tokoh-tokoh yang diusulkan PAN tidak ada yang dilirik oleh Koalisi Indonesia Bersatu pun tidak akan menjadi masalah.

"Kalau misal yang terbaik dari kesepakatan semua pihak dan berpeluang menang ya tentu PAN akan ikut tapi PAN Insya Allah akan kawal terus bagaimana penjaringan itu supaya tidak salah dan tepat sasaran," pungkas Yandri.

Rekomendasi