Krisdayanti Soal Gaji dan Tunjangan DPR, Wakil Ketua DPR: Bukan Hal yang Ditutupi, Jangan Dipolitisasi

| 16 Sep 2021 10:05
Krisdayanti Soal Gaji dan Tunjangan DPR, Wakil Ketua DPR: Bukan Hal yang Ditutupi, Jangan Dipolitisasi
Sufmi Dasco (Dok. Istimewa)

ERA.id - Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti buka-bukaan mengenai gaji beserta tunjangan yang diterimanya sebagai anggota dewan. Jumlah yang dia sebutkan pun cukup fantastis.

Menanggapi pernyataan sang Diva Indonesia, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, apa yang dimaksud oleh Krisdayanti tak seluruhnya merupakan gaji anggota dewan. Sebagian lainnya adalah tunjangan untuk keperluan reses dan kunjungan ke daerah pemilihan (dapil).

"Itu bukan sepenuhnya pendapatan (gaji). Beberapa tunjangan kemudian yang lain-lain itu untuk kegiatan di dapil," kata Dasco kepada wartawan di DPR RI, Rabu (15/9/2021).

Dasco menjelaskan, anggota DPR RI memang memiliki uang reses dan uang kunjungan dapil tapi itu tidak dipakai pribadi, melainkan untuk kepentingan di dapil. Misalnya di tengah pandemi Covid-19 ini uang tersebut dimanfaatkan untuk membeli sembako maupun alat kesehatan bagi konstituen.

Sebenanrya, kata Dasco, mengenai besaran gaji maupun tunjangan yang diterima anggota DPR RI bisa dilihat di situs-situs pemerintah sehingga mudah diakses oleh masyarakat. Oleh karenanya, dia meminta semua pihak tidak terlalu mempolitisasi pernyataan Krisdayanti terkait gaji anggota parlemen, apalagi ibunda Aurel Hermansyah itu sudah memberikan penjelasan.

"Sebenarnya (gaji dan tunjuangan anggota DPR RI) bukan hal yang ditutup-tutupi, ada di website DPR, itu nggak ada yang kita sembunyikan," kata Dasco.

"Asal jangan dipolitisasi seolah-olah anggota DPR itu pendapatannya yang dibawa pulang ke rumah segitu, nggak begitu," pungkasnya.

Rekomendasi