Mengenang Kembali Ucapan Bijak Puan Maharani: Orang Miskin Jangan Banyak Makan, Diet

Tim Editor

Ketua DPR RI Puan Maharani

ERA.id - Jelang Pilpres 2024, Ketua DPR dari fraksi PDIP, Puan Maharani, digadang-adang untuk maju dalam kontes lima tahunan yang terbesar di Indonesia.

Nah, mumpung momen pilpres masih jauh, ada baiknya kita mengingat ucapannya yang bijak saat menanggapi isu orang-orang miskin yang lapar dan sulit mendapatkan makanan.

Waktu itu tahun 2016, ia masih menjadi menteri. Jokowi pun baru satu periode. Ucapan Puan yang bikin heboh itu disampaikan saat bertemu Gubernur Bali (kala itu), Made Mangku Pastika.


Ceritanya begini, Pastika dulu berniat menambah anggaran daerah untuk pengadaan beras miskin. Alasannya, ada peningkatan angka kemiskinan di Bali.

Dari sana, Pastika pun langsung meminta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, agar alokasi beras untuk rumah tangga miskin (raskin) di Bali dinaikkan.

"Tadi saya sudah berkonsultasi dengan DPRD Bali dengan Bappeda Bali untuk menambah kuota raskin di Bali, karena dari data yang dikeluarkan oleh BPS Bali jumlah orang miskin naik dari sebelum yakni 4,7 persen menjadi 5,2 persen," ujar Pastika.

Gayung bersambut, Puan langsung menjawab. "Jangan banyak-banyak makan lah, diet sedikit tidak apa-apa," gurau Puan.

Toh pemerintah Jokowi-JK saat itu berupaya mengurangi impor beras. Olehnya, ia mengimbau rakyat mengganti beras ke pangan alternatif.

Tak cuma itu, Puan menyebut, banyak raskin yang disalahgunakan dan dipolitisasi di Bali. Puan"Jangankan Pilkada, di Pilkades juga menggunakan Raskin. Kata calon kepala desa, kalau kamu pilih aku, maka saya akan mengurus beras Raskin. Ada lagi kepala desa yang bagi rata, karena ditekan oleh oknum tertentu dan sebagainya," tutupnya.

Tag: ketua dpr puan maharani orang miskin beras miskin orang miskin disuruh diet orang miskin jangan banyak makan

Bagikan: