Pengamat Sebut Kerja Keras Airlangga Hartarto Timbulkan Citra Positif

| 24 Sep 2021 23:04
Pengamat Sebut Kerja Keras Airlangga Hartarto Timbulkan Citra Positif
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kemenko Perekonomian)

ERA.id - Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing menyatakan penghargaan yang diterima oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dari Priyadarshni Academy, adalah wujud pengakuan dunia internasional atas prestasi dan kinerjanya. 

“Saya sebagai ilmuwan komunikasi menyampaikan selamat kepada pak Airlangga Hartarto atas keberhasilan ini. Saya harus katakan penghargaan ini memang bukti atas kinerja beliau selama ini dalam upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi,” kata Emrus Sihombing, Kamis (23/9/2021) kepada media. 

Emrus, juga menilai respon Airlangga dalam menerima penghargaan itu juga luar biasa. Penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery, untuk Airlangga, yang diberikan pada Senin (20/09/2021) tak pernah diklaim Airlangga sebagai keberhasilan dirinya sendiri. 

Emrus juga menyebut penghargaan ini bukan untuk Airlangga sendiri, tetapi untuk bangsa Indonesia. Dari sudut komunikasi, Emrus melihat Airlangga bukan orang egois. 

Di tengah  pandemi Covid-19, ketika banyak negara mengalami pertumbuhan ekonomi minus selama beberapa periode, Indonesia sudah menunjukkan perbaikan. Bahkan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen, pada kuartal kedua tahun ini. 

“Kita harus jujur mengakui di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto dalam mengkoordinir bidang perekonomian Indonesia sangat sukses, karena ada pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus,” ucap Emrus. 

Dari sisi  faktual di lapangan Emrus juga melihat harga sembako terjangkau oleh masyarakat. “Bagi rakyat yang penting saat ini bisa menjangkau kebutuhan pokok. Harganya pun stabil, terkendali dan terjangkau masyarakat,” kata Emrus.  

Dosen Tetap Pascasarjana Universitas Pelita Harapan itu juga melihat ketua Umum Partai Golkar ini adalah seorang pemimpin yang baik. “Ia adalah seorang dirigen dari orchestra perekonomian nasional kita,” tegasnya. 

Sebagai Menko Perekonomian di kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Airlangga mampu membawa Indonesia sukses meningkat pertumbuhan ekonomi dan menanggulangi pandemi Covid-19

Dilihat dari ilmu komunikasi, maka fakta itu adalah lambang non verbal yang bisa dimaknai oleh masyarakat, bahwa perekonomian nasional di bawah Menko Airlangga sangat baik dan luar biasa. 

Terlebih penghargaan juga diberikan oleh lembaga dari India. Emrus yakin Priyadarshni Academy sangat independen, dalam mengumpulkan data, fakta dan bukti serta semua pasti diverifikasi kebenarannya,” tutur Emrus. 

Emrus juga melihat apa yang dicapai Airlangga juga sinkron dengan tag line dalam berbagai baliho dan billboard yang dipasang oleh kader-kader Partai Golkar, Kerja untuk Indonesia. 

“Dia lebih mengedepankan bekerja, tidak seperti pemimpin lain yang hanya sekedar pencitraan. Airlangga tidak bekerja untuk pencitraan, tapi sebaliknya bekerja untuk menimbulkan citra,” ungkap Emrus. 

Menurut Emrus, dari aspek komunikasi ini sangat bagus karena Airlangga tidak pernah menonjolkan dirinya sendiri. Sebaliknya Ketua KPCPEN itu menunjukkan kinerja dan terserah masyarakat sendiri yang menilai. Salah satu hasilnya adalah penghargaan dari Priyadarshni itu.

Rekomendasi