Airlangga Hartarto dan Cak Imin Jalan Kaki Santai Bersama Tadi Pagi, Bahas Apa?

| 25 Sep 2021 15:28
Airlangga Hartarto dan Cak Imin Jalan Kaki Santai Bersama Tadi Pagi, Bahas Apa?
Airlangga Hartarto bersama Cak Imin (Instagram Golkar Indonesia)

ERA.id - Airlangga Hartarto kembali menjadi magnet politik. Kali ini Ketua Umum Partai Golkar itu bertemu dengan Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), Muhaimin Iskandar. Pertemuan dilakukan dalam suasana informal saat kedua pemimpin parpol besar itu berolahraga jalan kaki bersama di kawasan SCBS, Jakarta Selatan, Sabtu (25/9/2021).

Pertemuan informal ini langsung mengundang perhatian beberapa awak media yang kebetulan hadir dalam acara jalan kaki pagi yang dilakukan Airlangga beserta beberapa pengurus teras Partai Golkar.

Maklum kebetulan pula pertemuan ini terlaksana setelah sehari sebelumnya, Airlangga bertemu dengan Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng di Klaten. Pertemuan itu dimaknai beragam spekulasi menuju agenda 2024 mendatang.

Sementara pertemuan dengan Cak Imin, bisa pula diartikan berbagai kemungkinan, mengingat keduanya adalah pimpinan partai pendukung pemerintah atau koalisi.

"Kami pertama (kali) untuk jalan kaki (bersama). Kalau untuk saling berkunjung kan sudah sering. Tapi kan jangan berkunjung terus, resmi-resmian. Ini ‘kan antar pribadi," kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima Era.id.

Selain Cak Imin, dalam pertemuan itu ada pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang menemani Airlangga jalan kaki bersama pukul 08.30 pagi.

Seperti biasa, Airlangga tak mau pertemuan ini dikaitkan dengan agenda politik kedua partai, Golkar dan PKB. Sebaliknya, Airlangga menyebut jika pertemuan ini lebih bertukar pikiran dan membahas pandemi Covid-19 di Indonesia. Ini yang menjadi fokus utama bagi Airlangga selama ini.

"Kan sama di pemerintah. Mendukung Pak Jokowi. Sudah dikumpulkan oleh Pak Presiden Joko Widodo. Tentu prioritas kami sekarang penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, pengurangan kemiskinan," kata Airlangga.

Cak Imin serupa. Ia tak mau pertemuan ini hanya dikaitkan dengan perkembangan politik dan isu terbaru seputar DPR RI. Ia juga menyebut bahwa keduanya hanya membahas dan mengevaluasi berbagai hal terkait ekonomi, dan terutama pandemi Covid-19.

"Ini semakin intens, semakin bagus supaya kita bisa juga update buat DPR buat masyarakat juga," kata Cak Imin.

Keduanya tampak berbincang santai sembari beristirahat selama sejam lebih, setelah melakukan olahraga jalan bersama. Kemesraan memang tampak  dari kedua pemimpin partai besar ini. Apalagi kedua tokoh ini juga memiliki kedekatan dengan organisasi Islam di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Airlangga seperti biasa, selalu muncul dengan joke segar saat bertemu awak media.

"Lari pagi itu enggak ada politiknya, yang ada keringatnya," ucap Airlangga.

Saat media mendesak apakah pertemuan ini terkait rencana koalisi untuk 2024, Airlangga kembali muncul dengan pernyataan yang bebas makna, namun sangat lugas. 

"Yang sehat-sehat harus dibangun," kata Airlangga.

Seperti dua orang yang sangat kompak, Muhaimin pun menjawab pertanyaan media dengan santai.

"Senang sekali pagi ini, barengan Pak Menko, Pak Ketua Umum Golkar, ikut jalan-jalan sehat ini. Keringat keluar, insya Allah sehat semua," ucap Cak Imin yang merupakan kawan lama Airlangga.

Rekomendasi