Airlangga Resmi Tunjuk Adies Kadir Jadi Waketum Bidang Hukum Gantikan Azis Syamsuddin

Tim Editor

Adies Kadir (Dok. Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi menunjuk Adies Kadir sebagai Wakil Ketua Umum bidang politik, hukum, dan keamanan (Polhukam) menggantikan Azis Syamsuddin yang saat ini dinonaktifkan, lantaran menjadi tersangka KPK.

Keputusan itu diambil dalam rapat pleno Partai Golkar yang digelar di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). Sebelumnya, Adies menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar.

"Dalam rapat pleno tadi diputuskan pergantian antar waktu. Waketum bidang Polhukam yang dibidangi Azis Syamsuddin karena nonaktif, sementara digantikan oleh saya," ujar Adies kepada wartawan di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021).


Adies mengatakan, selain dirinya, Airlanga juga menunjuk dua wakil ketua umum baru. Mereka adalah Firman Subagyo sebagai Waketum Bidang Sosial menggantikan Roem Kono yang menjadi duta besar. Ada pula Erwin Aksa menggantikan Rizal Mallarangeng yang telah menjadi komisaris Telkom. Sedangkan pengurus DPP lainnya, menurut Adies tak ada yang diubah selain tiga nama tersebut.

"Kalau untuk kepengurusan DPP kemungkinan tidak ada perubahan. Karena sudah disetujui semua dalam rapat pleno," kata Adies.

Walaupun Airlangga sudah menunjuk pengganti Azis di Partai Golkar, Adies mengaku belum ada nama pengganti Azis di posisi Wakil Ketua DPR RI. Dia juga tak mau menjawab ikhwal nama Sekretaris Jenderal Lodewijk Paulus yang disebut telah ditunjuk Airlangga menggantikan Azis sebagai pimpinan di Senayan.

"Selama suratnya belum ditandatangani, kalau di politik itu kan apapun bisa terjadi. Jadi kita menunggu surat resminya yang akan dibawa oleh Ketum ke pimpinan DPR," kata Adies.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, dia akan mengantarkan surat berisi nama pengganti Azis ke pimpinan DPR RI pada Rabu (29/9) sore.

Tag: airlangga hartarto golkar Azis Syamsuddin adies kadir

Bagikan: