Rapat Pimpinan DPR Digelar Hari Ini, Siapa Plt Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin?

Tim Editor

Pimpinan DPR RI (Dok. Instagram dpr_ri)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pimpinan DPR RI akan menggelar rapat untuk membahas penunjukan pelaksana tugas (Plt) yang akan menggantikan Azis Syamsuddin yang kini resmi menyandang status tersangka suap KPK.

"Dalam pimpinan di DPR yang bersifat kolektif kolegial, itu ada mekanisme rapat pimpinan (rapim) untuk mendelegasikan Plt ketika satu orang berhalangan. Kita baru rapim hari ini," ujar Dasco di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Dasco mengaku, kinerja DPR RI tidak akan terganggu dengan penetapan status hukum Azis oleh KPK. Lagipula, menurutnya, penunjukan Plt sudah kerap dilakukan karena ada pimpinan yang berhalangan tugas.


"Ini bukan baru kali pertama penugasan wewenang itu, karena kadang ada pimpinan ke luar negeri, ada yang kunjungan kerja ke daerah, itu biasanya tugas-tugasnya disepakati di Plt-kan," papat Dasco.

Terkait pengganti Azis, Dasco mengaku hingga saat ini belum ada surat ke meja pimpinan dari Fraksi Golkar. Nantinya, mekanisme pergantian pimpinan akan berpatokan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3).

"Sampai dengan hari ini, kita belum ada surat masuk. Biarkan itu berproses seuai dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar, kita yang di DPR RI tinggal menunggu hasil dari mekanisme internal Partai Golkar," kata Dasco.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengungkapkan etua Umum Airlangg Hartarto sudah mengantongi nmana pengganti Azis Syamsuddin untuk menduduki kursi Wakil Ketua DRP RI. Rencananya, nama pengganti Azis akan dimumkan pada Selasa (28/9) besok sore.

"Rencananya Selasa sore diumumkan. Sepertinya nama sudah ada di kantong ketum (ketua umum)," ujar Adies kepada wartawan yang dikutip pada Senin (27/9/2021).

Meski begitu, Adies mengaku belum mengetahui siapa orang yang bakal menggantikan Azis sebagai wakil ketua DPR RI. Terkait nama, menurutnya adalah hak prerogatif Airlangga selaku Ketua Umum Partai Golkar.

Dari informasi yang beredar, terdapat tiga calon yang bakal menggantikan posisi Azis di kursi wakil ketua DPR RI. Mereka adalah Adies Kadir, Ahamd Doli Kurnia Tanjung, dan Melchias Marcus Mekeng.

Tag: golkar korupsi DPR RI Azis Syamsuddin adies kadir

Bagikan: