Pastikan PON XX Papua Aman, Mahfud MD: Penuh Kedamaian, Tidak Menakutkan

| 01 Oct 2021 12:10
Pastikan PON XX Papua Aman, Mahfud MD: Penuh Kedamaian, Tidak Menakutkan
Menko Polhukam Mahfud MD (Dok. Kemenko Polhukam)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengecek pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan dimulai besok, Sabtu (2/10/2021). Mahfud melakukan pengecekan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Mahfud memastikan, PON XX Papua berjalan lancar.

"Saya bersama Bapak Menteri dalam Negeri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia. Semua berjalan baik," ujar Mahfud dikutip dari keterangannya pada Jumat (1/10/2021).

Mahfud mengatakan, berdasarkan laporan dari Pangdam dan Kapolda, sejak tanggal 22 September sudah banyak kontingen yang mulai bertanding dan sejauh ini berjalan lancar.

Pemerintah juga sudah melakukan pengamanan berlapis untuk mengawal jalannya gelaran PON XX Papua. Mahfud menekankan, kondisi saat ini sangat penuh kedamaian dan tidak menakutkan.

"Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak seram gitu, karena ini pesta olahraga," kata Mahfud.

Selain melakukan pemantauan keamanan, Mahfud juga memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan baik.

"Saya sudah mendapat laporan, kemudian melihat sendiri lokasi-lokasi dan apa yang sudah berjalan dalam beberapa hari  terakhir ini. Semua berjalan baik dan Insyaallah akan tetap baik, itu kalau dari sudut keamanan. Kalo dari segi acaranya juga sudah sangat memadai," paparnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu meminta agar semua aparat bekerja dengan maksimal, agar pembukaan PON yang akan dihadiri oleh Presiden dapat berjalan dengan lancar, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Saya mengimbau masyarakat mendukung acara ini, aparat TNI Polri, Pemda, supaya semuanya bekerja dengan sebaik-baiknya," jelas Mahfud.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Jayapura pada Jumat sore nanti untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Selain akan membuka secara resmi PON dan Peparnas di Jayapura, Presiden direncanakan juga akan mengunjungi Pos Perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke

Rekomendasi