Beredar Rencana Kunjungan Kerja Baleg DPR ke Ekuador hingga Brazil untuk Susun RUU PKS

| 01 Oct 2021 15:45
Beredar Rencana Kunjungan Kerja Baleg DPR ke Ekuador hingga Brazil untuk Susun RUU PKS
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI berencana melakukan kunjungan kerja luar (kunker) negeri ke dua negara yaitu Ekuador dan Brazil, masing-masing selama sepekan. Kabar tersebut tercantum dalam surat dari Pimpinan Baleg dengan Nomor LG/13489/DPR RI/IX/2021.

Dalam surat tersebut tertulis, Baleg DPR RI akan melakukan kunker ke Ekuador mulai dari tanggal 31 Oktober-6 November 2021 dan ke Brazil mulai dari tanggal 16-22 November 2021.

Surat perihal permintaan nama anggota Baleg ke luar negeri tersebut diteken Pimpinan Badan Legislasi Kabag Set. Basan Legislasi, Widiharto. Adapun tembusan surat kepada pimpinan Baleg, pimpinan fraksi, dan kepala sekretariat fraksi.

Isi surat itu menyebutkan, kunker ke Ekuador dan Brazil dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi diplomasi parlemen untuk penguatan kelembagaan Baleg dalam rangka penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS).

"Bersama ini kami beritahukan bahwa Badan Legislasi akan melaksanakan Kunjungan Kerja Luar Negeri dalam rangka pelaksanaan fungsi Diplomasi Parlemen untuk penguatan kelembagaan Badan Legislasi dalam rangka penyususnan RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 6 November 2021 ke Ekuador dan pada tanggal 16 sampai dengan 22 November 2021 ke Brazil," bunyi surat tersebut yang dikutip pada Jumat (1/10/2021).

Dalam surat tersebut tertulis, bahwa pimpinan Baleg DPR RI mengharapkan masing-masing fraksi menyampaikan nama anggotanya yang ditugaskan untuk mengikuti kunker luar negeri ke Ekuador dan Brazil. Adapun keanggotaan itu harus dibagi secara merata untuk dua negara tujuan.

Pimpinan Baleg mengharapkan nama anggota setiap fraksi dapat disampaikan paling lambat 30 September 2021.

Sehubungan dengan beredarnya surat tersebut, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay membenarkan surat itu. Namun, dia belum membacanya secara langsung.

"Saya belum baca suratnya secara langsung. Tapi saya dengar, surat itu benar adanya," kata Saleh saat dihubungi, Jumat (1/10/2021).

Lebih lanjut, Saleh mengaku belum berbicara dengan kelompok fraksi (poksi) PAN yang ada di Baleg DPR RI. Oleh karenanya, dia tak mengetahui pasti bagaimana sikap fraksinya terhadap rencana kunker luar negeri ke Ekuador dan Brazil pada akhir bulan ini.

"Saya belum berbicara dengan Poksi PAN di Baleg. Jadi, saya belum mengerti mengenai rencana perjalanan tersebut," kata Saleh.

Sementara itu, Wakil Ketua Baleg DPR RI yang juga menjadi penanggung jawab pembahasan RUU PKS Willy Aditya tidak merespon pesan singkat maupun telpon dari ERA.id sampai berita ini dibuat.

Rekomendasi