Hebatnya Pengaruh Jokowi, Mau Datang ke Papua, Jalanan Rusak di Sorong Langsung Diaspal

| 02 Oct 2021 18:53
Hebatnya Pengaruh Jokowi, Mau Datang ke Papua, Jalanan Rusak di Sorong Langsung Diaspal
Jalan Jenderal Sudirman tepatnya depan SPBU Kelurahan Klaligi Distrik Sorong Manoi yang sudah dua tahun rusak langsung diaspal, Sabtu (2/10).

ERA.id - Jalan Jenderal Sudirman Kota Sorong, Provinsi Papua Barat yang mengalami kerusakan langsung diaspal secara cepat menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo guna menuju vaksinasi pada 4 Oktober 2021.

Pantauan Antara, Sabtu (2/10/2021), Jalan Jenderal Sudirman tepatnya depan SPBU Kelurahan Klaligi Distrik Sorong Manoi yang sudah dua tahun rusak langsung diaspal oleh Balai Jalan dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat dengan menggelar armada lengkap.

Warga setempat pun menjadi kaget tiba-tiba diaspal menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo padahal sudah dua tahun dibiarkan rusak.

Musa warga Kelurahan Klaligi mengaku kaget tiba-tiba melihat alat-alat untuk pengaspalan lengkap diturunkan untuk pengaspalan padahal selama ini jalan itu rusak dibiarkan saja. Dan sudah sering terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan rusak tersebut.

"Setelah kami cek ternyata ada kunjungan Presiden ke kota Sorong pada 4 Oktober 2021 sehingga jalan tersebut langsung di aspal," tambah dia.

Kepala Dinas PU Kota Sorong J. Sinaga yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan jalan rusak tersebut sudah pernah dikeluhkan oleh masyarakat.

"Namun status jalan Jenderal Sudirman Kota Sorong tersebut bukan kewenangan pemerintah daerah kota Sorong, tetap kewenangan Provinsi," tambah dia.

Aspal di Makassar

Aksi pengaspalan tiba-tiba ini bukan cuma terjadi di Sorong saja. Di Kota Makassar, beberapa waktu lalu, jalanan yang rusak juga langsung diperbaiki.

Waktu itu, sebelum Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Sulawesi Selatan. Pemerintah Provinsi Sulsel lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) langsung memperbaiki jalan Jalan Hertasning, yang menghubungkan Makassar dengan Kabupaten Gowa.

Jalanan tersebut sebenarnya sudah sangat lama rusak dan entah kenapa lama juga diperbaiki. Barulah saat Jokowi datang ke Makassar, pemerintah langsung menyibukkan diri menambal jalan berlubang di sana.

Ini tentu saja sebuah angin segar bagi warga Makassar. Sebab jalanan itu kerap mencelakai pengedara motor jika tidak berhati-hati. Bahkan kabarnya, karena penambalan lubang di Jalan Hertasning, kendaraan roda dua dan roda empat harus mengantre demi melintasi jalan tersebut.

Rekomendasi