Prabowo Insya Allah Capres 2024, Gerindra Beri Sinyal Bakal Berkoalisi dengan Parpol yang Bisa Usung Capres

| 11 Oct 2021 16:20
Prabowo Insya Allah Capres 2024, Gerindra Beri Sinyal Bakal Berkoalisi dengan Parpol yang Bisa Usung Capres
Prabowo Subianto saat meninjau Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Komando Pasukan Khusus (Kopassus) (Dok. Kementerian Pertahanan)

ERA.id - Partai Gerindra memberikan sinyal bakal berkoalisi dengan partai-partai politik yang bisa mengusung calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Namun, sikap itu akan disampaikan apabila sudah ada keputusan resmi dari partainya soal pencapresan.

"Nanti kalau sudah ada (nama capres), kita pasti akan mengarah pada koalisi terhadap partai-partai yang bisa mengusung presiden," ujar Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (11/10/2021).

Meski begitu, Dasco menegaskan masih terlalu dini membicarakan koalisi untuk Pilpres 2024. Apalagi, kata dia, belum ada sikap resmi dari partainya mengenai pencalonan Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai capres.

Dasco mengatakan sejauh ini kader dan pengurus Partai Gerindra di daerah sudah banyak yang mendorong dan menginginkan agar Prabowo kembali dicalonkan di Pilpres 2024.

"Kalau kita bicara soal koalisi masih terlalu jauh, karena kita masih menunggu kepastian apakah juga Pak Prabowo bersedia dicalonkan menjadi presiden oleh Partai Gerindra," kata Dasco.

Lebih lanjut, Dasco menambahkan saat ini DPP Partai Gerindra baru sekedar menampung aspirasi dari kader dan pengurus partai di daerah mengenai keinginan Prabowo menjadi capres kembali.

Kata dia, akan ada waktunya Gerindra membahas pencalonan Prabowo.

"Mohon bersabar sedikit, nanti ada waktunya kita dari Partai Gerindra akan mengeluarkan pernyataan resmi mengenai capres yang akan diusung oleh Partai Gerindra," kata Dasco.

Diberitakan sebelumnya, Partai Gerindra tetap menginginkan Ketua Umum Prabowo Subianto kembali menyalonkan diri jadi capres di Pilpres 2024. Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani beralasan, hal ini lantaran desakan dari kader-kader Partai Gerindra.

Muzani menyampaikan itu saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Gerindra Sulawesi Selatan pada Sabtu (9/10). Dalam Rakorda itu, DPD Gerindra Sulsel meminta kesediaan Ketua Umum Partai Gerindra untuk maju di Pilpres 2024.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua, besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/10/2021).

Rekomendasi