Evaluasi PPKM, Luhut: Covid-19 di Indonesia Jauh Lebih Baik dari Singapura hingga Thailand

| 11 Oct 2021 16:53
Evaluasi PPKM, Luhut: Covid-19 di Indonesia Jauh Lebih Baik dari Singapura hingga Thailand
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, situasi pandemi COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan perbaikan.

Luhut menjabarkan, dalam satu pekan terakhir, kasus Covid-19 harian nasional turun 98,4 persen dibandingkan dengan puncaknya pada pertengahan Juli 2021.

"Dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,99 persen dari puncaknya 15 Juli yang lalu," kata Luhut dalam konferensi pers daring evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (11/10/2021).

Tak hanya itu, kata Luhut, jumlah kematian pasien Covid-19 harian di Indonesia juga terus turun. Data terbaru pada 10 Oktober 2021 menunjukkan bahwa terdapat 39 kasus kematian nasional dan 17 kasus kematian di Jawa Bali.

Berdasarkan data tersebut, Luhut menyatakan, situasi pandemi virus corona di Indonesia lebih baik dibandingkan dengan negara-negara tetangga, khususnya di kawasan ASEAN.

"Covid-19 recovery index Indonesia yang dirilis oleh Nikkei menunjukkan peringkat Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan Singapura, Malaysia, hingga Thailand," ujar Luhut.

Rekomendasi