Bantah Panggil Kader Hanya Bahas Soal Albertus Sumbogo, DPP PDIP: Ada Anggota DPR RI yang Tak Aktif Rapat Juga

| 15 Oct 2021 21:30
Bantah Panggil Kader Hanya Bahas Soal Albertus Sumbogo, DPP PDIP: Ada Anggota DPR RI yang Tak Aktif Rapat Juga
Kantor DPP PDIP (Era.id)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang Kehormatan Komaruddin Watuban membantah pihaknya hanya memanggil Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo saja untuk dimintai klarfikasi terkait keterlibatanya di Seknas Ganjar Indonesia (SGI).

Komarudin menegaskan, bidang kehormatan memang rutin melakukan pemanggilan kader setiap minggunya.

"Saya memang punya agenda klarifikasi kan setiap beberapa minggu sekali. Bukan hanya soal Pak Albertus saja, nggak ada yang khusus," kata Komarudin kepada wartawan, Jumat (15/10/2021).

Komarudin mengaku, selain memanggil Albertus, pihaknya juga memanggil sejumlah anggota DPR RI Fraksi PDIP yang dinilai tidak aktif menghadiri rapat di parlemen selama pandemi.

Selain itu juga membahas mengenai pergantian antar waktu (PAW) anggota parlemen di daerah. Dia mengatakan, seluruh kader yang dipinggil hanya dimintai klarifikasinya saja.

"Tadi ada soal PAW di Riau dan beberapa daerah, termasuk juga pemanggilan beberapa anggota DPR RI yang tidak aktif selama beberapa bulan terakhir. Itu semua kita minta klarifikasinya," kata Komaruddin.

Menurut Komaruddin, pemanggilan itu dilakukan sebagai bagian dari mekanisme internal partai. Dia mengatakan, PDIP sangat tegas menegakan disiplin kepada kader-kadernya, termasuk bagi yang melakukan tindak pidana korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan berbagai pelanggaran terhadap AD/ART partai.

"Jadi kita biasa melakukan pemanggilan di berbagai kasus dalam rangka penegakan disiplin partai. Bahkan yang tak taat protokol covid saja diklarifikasi kok. Pengurus partai yang tak hadir rapat beberapa kalipun diklarifikasi. Beberapa anggota DPR RI yang kurang aktif rapat karena alasan pandemi juga diklarifikasi," pungkasnya.

Tags : pdip DPR RI
Rekomendasi