Fadjroel Jadi Dubes RI di Kazakhstan, Istana Belum Siapkan Pengganti Jubir Presiden

| 25 Oct 2021 14:20
Fadjroel Jadi Dubes RI di Kazakhstan, Istana Belum Siapkan Pengganti Jubir Presiden
Fadjroel Rahman (Dok. Antara)

ERA.id - Istana Negara mengaku belum ada usulan juru bicara Presiden Joko Widodo yang baru. Jabatan itu kini kosong usai Fadjroel Rachman dilantik sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pada saatnya nanti akan ada yang mengisi jabatan jubir presiden. Namun, hingga saat ini masih belum ada usulan siapa yang akan menggantikan posisi Fadjroel.

"Pasti ada penggantinya. Namun belum ada usulan," ujar Heru kepada ERA.id, Senin (25/10/2021).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah melantik 17 Duta Besar RI untuk negara-negara sahabat. Salah satunya yaitu Fadjroel Rachman yang ditunjuk sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan.

Sebelumnya, Fadjroel sudah menjalani tugas sebagai jubir presiden sejak 21 Oktober 2019. Dia menggantikan posisi Johan Budi Prasetyo yang menjadi jubir presiden sejak 12 Januari 2016. Namun, pada 2019 lalu, Johan Budi meninggalkan jabatannya dan menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Selain Fadjroel, Jokowi juga melantik mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan Roeslani sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat dan mantan Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Lena Maryana Mukti juga diberi posisi Duta Besar Indonesia untuk Kuwait.

Rekomendasi