Klaim Paling Murah di Dunia, Menkes Pastikan Tak Ada Subsidi Harga Tes PCR

Tim Editor

Ilustrasi tes PCR (Antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan tidak akan memberi subsidi harga tes polymerase Chain Reaction (PCR).

Menurut Budi, harga tes PCR sebesar Rp300 ribu tersebut merupakan yang paling murah dibanding harga tes di seluruh dunia.

"300 ribu itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah," jelas Budi dalam konferensi pers virtual pada Selasa (26/10/2021).


"Karena kalau kita lihat harganya sudah diturunkan harganya cukup murah," tambah dia.

Dia mengakui India, merupakan negara paling murah dalam menetapkan harga tes PCR sebesar Rp160 ribu. 

Karena, kata dia, India bisa memproduksi sendiri alat tes PCR tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menurunkan harga tes polymerase chain reaction (PCR) menjadi Rp300 ribu.

Hal ini menjawab keluhan masyarakat terkait syarat wajib tes PCR bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang menggunakan moda transportasi pesawat.

Selain itu, pemerintah juga memperpanjang waktu untuk calon penumpang pesawat menunjukan hasil negatif tes PCR menjadi 3x24 jam.

"Arahan Presiden, agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp300 ribu dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara daring, Senin (25/10).

Tag: harga tes pcr tes pcr paling murah

Bagikan: