Megawati: Patai Boleh Menang Terus, Presiden Hanya Boleh 2 Kali

| 28 Oct 2021 18:03
Megawati: Patai Boleh Menang Terus, Presiden Hanya Boleh 2 Kali
Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong para kadernya untuk terus memenangkan partai berlambang banteng di setiap Pemilihan Umum (Pemilu). Dalam dua kali periode Pemilu, diketahui PDIP selalu menjadi partai pemenang.

Megawati mengatakan, tak ada aturan konstitusi yang menyebutkan partai politik dilarang menang Pemilu selama dua periode. Menurutnya, konstitusi hanya melarang masa jabatan presiden selama tiga periode.

"Saya selalu mengatakan, apakah ada aturan bahwa kita tidak boleh memang terus? Ndak ada, boleh, ndak ada yang menghalangi. (Masa jabatan) presidennya yang hanya boleh dua kali," kata Megawati saat meresmikan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara daring pada Kamis (26/10/2021).

Megawati mengatakan, karena tidak ada aturan yang melarang partai politik untuk selalu memang, maka dia mendorong supaya PDIP terus mendulang kemenangan di Pemilu selanjutnya. Dia menegaskan, selama Republik Indonesia masih berdiri, PDIP harus selalu memenangkan hati rakyat.

"Kalau partainya mau menang terus, nggak ada aturan yang tidak membolehkan. Malah itulah yang saya inginkan (menang terus), supaya insya Allah partai kita ini seperti dikatakan oleh Pak Tjahjo (Tjahjo Kumolo) harus selalu ada sepanjang NKRI ini ada," tegas Megawati.

"Seperti sekarang, PDIP itu merupakan sebuah partai yang Alhamdulilah yang dipercaya oleh rakyat, sudah dua kali menimba kemenangan," imbuhnya.

Oleh karenanya, Megawati tak melarang apabila ada kader-kader senior PDIP yang masih menjabat di struktural partai. Meskipun, menurutnya saat ini partainya mulai mengalami regenerasi. Dia justru meminta kepada para kader yang lebih muda untuk belajar dari para seniornya tentang cara-cara membesarkan partai.

"Mengapa saya mengingatkan kembali pada orang-orang lama ini (untuk tetap aktif). Karena dari mereka, yang muda-muda itu bisa menanyakan, tanyakan saja pengalaman seperti apa," tandasnya.

Rekomendasi