Punya 'Golden Tiket' untuk Pilpres 2024, PDIP Tetap Cari Koalisi: Tidak Mungkin Ada yang Ingin Sendirian

| 01 Nov 2021 14:20
Punya 'Golden Tiket' untuk Pilpres 2024, PDIP Tetap Cari Koalisi: Tidak Mungkin Ada yang Ingin Sendirian
Kantor DPP PDIP (Era.id)

ERA.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjungan Bambang Wuryanto mengatakan, partainya tetap mencari koalisi di Pilpres 2024, meskipun memiliki golden ticket untuk mengusung sendiri calon presiden dan calon wakil presiden.

Bambang mengatakan, meskipun menjadi partai pemenang di Pemilu 2019, namun saat ini tak ada satu pun partai politik yang tak berminat berkoalisi untuk Pemilu dan Pilpres 2024.

"Apakah PDIP bisa mencalonkan sendiri, berkoalisi apa enggak, gimana sih sampeyan masa kaya gini kita ngomong. Tidak mungkin ada satu pun yang ingin sendirian," kata Bambang kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/11/2021).

Bambang mengatakan, meskipun memegang golden ticket, PDIP tetap perlu berkoalisi agar bisa meraih kemenangan. Bambang bilang, jika hanya mengusung sendiri belum cukup untuk mendapatkan suara 50 persen plus satu.

"Yang pasti hari ini PDIP satu-satunya partai yang memegang golden tiket mencalonkan sendiri. Apakah sendiri, apakah nanti berkoalisi itu harap dikau pahami untuk menang harus 50 persen plus satu kan begitu," kata Bambang.

Terkait dengan penjajakan koalisi, Bambang menengaskan, urusan tersebut berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Begitu pula dengan syarat apakah PDIP mengambil kursi capres atau cawapres jika berkoalisi.

"Soal capres cawapres kewenangan ibu ketua umum. Bahwa koalisi apa engga kewenangan ibu ketua umum," pungkasnya.

Rekomendasi