Jokowi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, KSP: Beliau Berhasil Jaga Indonesia Sebagai Negeri Muslim Toleran dan Moderat

| 03 Nov 2021 13:45
Jokowi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, KSP: Beliau Berhasil Jaga Indonesia Sebagai Negeri Muslim Toleran dan Moderat
Presiden Joko Widodo menunaikan shalat Jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (Antara)

ERA.id - Masuknya nama Presiden Joko Widodo dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di Dunia, membuktikan bahwa kiprah dan kepeloporan muslim Indonesia diakui dunia.

Pernyataan ini disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Rumadi Ahmad menanggapi hasil survei yang dikeluarkan oleh pusat pembelajaran strategis kerajaan Islam Yordania di Amman.

“Presiden Joko Widodo dan tokoh-tokoh muslim Indonesia seperti KH. Said Agil Siradj dipandang sebagai pemimpin Islam yang perannya cukup mempengaruhi citra muslim Indonesia,” tegas Rumadi saat ditemui di gedung Bina Graha Jakarta, rabu (3/11/2021).

Rumadi menilai, perbaikan citra muslim Indonesia di mata dunia tidak terlepas dari kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Bapak Presiden tidak hanya berhasil menjaga stabilitas politik dan ekonomi. Beliau juga berhasil menjaga Indonesia sebagai negeri muslim terbesar di dunia yang toleran dan moderat,” sambung Rumadi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam daftar 500 muslim yang paling berpengaruh di dunia tahun 2022. Jokowi, Kh Said Aqil Siradj, dan Habib Luthfi Bin Yahya masuk di 50 besar muslim paling berpengaruh di dunia.

Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu yaitu Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC). RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania.

Buku The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2022, didapat dari situs resmi The Muslim 500. Seperti dilihat Senin (1/11/2021) Ada tiga nama dari Indonesia yang mengisi daftar 50 muslim berpengaruh di dunia yaitu Presiden Jokowi, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Habib Luthfi bin Yahya.

Jokowi berada di atas sejumlah nama-nama tenar lain seperti Crown Prince Muhammad bin Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud hingga pesepakbola Mohammed Salah.

Rekomendasi