Fakta Jokowi dan Ahok Masuk Daftar 5 Besar Pemimpin Terbaik yang Ditakuti Dunia

| 27 Nov 2020 14:38
Fakta Jokowi dan Ahok Masuk Daftar 5 Besar Pemimpin Terbaik yang Ditakuti Dunia
Hoaks Jokowi dan Ahok sebagai pemimpin yang ditakuti di dunia. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Batlayeri Aliyaman membuat postingan berupa gambar yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi dan Ahok masuk daftar 5 besar pemimpin terbaik yang ditakuti dunia. 

Setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, tidak ada sumber yang menyatakan bahwa Jokowi dan Ahok masuk daftar 5 besar pemimpin yang ditakuti dunia. 

Adapun Presiden Jokowi pernah menyabet penghargaan kepemimpinannya yakni "Asian of The Year" tahun 2019 oleh media Singapura, The Straits Times, selama ini ada 5 pemimpin yang menyabet penghargaan tersebut. 

Hoaks Jokowi dan Ahok sebagai pemimpin yang ditakuti di dunia. (Foto: turnbackhoax.id)

Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019 karena dinilai memiliki ketangkasan dalam menghadapi dan memimpin rumitnya persoalan baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, Presiden Jokowi juga masuk daftar 50 besar tokoh muslim yang berpengaruh dan penghargaan sebagai Insinyur oleh ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO) karena berhasil menggenjot pembangunan infrastruktur selama menjadi Presiden RI. 

Sederet prestasi lainnya berhasil didapatkan Jokowi namun penghargaan tersebut berasal dari dalam negeri seperti Tokoh Publik Pilihan 2012, Special Award Marketer 2012, dan Rekor Muri 2012 dalam Pagelaran Kirab Budaya Rakyat Indonesia saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga tidak pernah masuk daftar 5 besar pemimpin terbaik yang ditakuti di dunia. Adapun prestasi kepemimpinan yang pernah didapatkan Ahok di antaranya adalah Roosseno Award IX tahun 2019 sebagai tokoh panutan berintegritas dan memiliki gebrakan besar. 

Penghargaan Internasional yakni masuk daftar "100 Global Thinkers" 2017 versi majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat sebagai pemimpin yang melakukan dobrakan di tengah fundamentalisme yang sedang berkembang saat itu.

Dari sederet penghargaan dalam negeri maupun luar negeri yang diraih Presiden Jokowi dan Ahok tidak ada penghargaan yang mereka sabet sebagai pemimpin terbaik dengan kategori ditakuti dunia Internasional. 

Sehingga klaim dalam postingan tersebut adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Rekomendasi