Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI, Andika Perkasa Dapat Wejangan dari Hadi Tjahjanto

| 06 Nov 2021 10:40
Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI, Andika Perkasa Dapat Wejangan dari Hadi Tjahjanto
Jenderal Andika Perkasa tiba di DPR (Gabrielle Thesa Widiari/Era.id)

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mengaku siap menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada Sabtu (6/11).

Andika tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 9:51 WIB. Ditanya soal kesiapannya menjalani uji kelayakan dan kepatutan, Andika hanya menjawab singkat.

.

"Kita nanti apa adanya," kata Andika di Kompleks parlemen, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Andika juga mengaku mendapat wejangan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Adapun Hadi tak tampak mendampingi Andika.

"Pak Hadi dinas luar dan sudah juga mengucapkan selamat. Ya pokoknya semoga sukses gitu ya, Itu kata beliau," kata Andika.

Untuk diketahui, Andika bakal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Pada Novemer 2021, Hadi akan memasuki masa pensiun.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) yang berisi calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa. Surpres Nomor R-50/Pres/10/2021 itu diantar langsung Mensesneg Pratikno kepada Pimpinan DPR pada Rabu (3/11).

Sesuai UU TNI, persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima yang diusulkan oleh Presiden, disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 hari, tidak termasuk masa reses, terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima oleh DPR RI.

Rekomendasi