BNPT Sebut Ustaz Farid Okbah yang Ditangkap Densus 88 Pernah ke Afganistan Atas Perintah Abu Bakar Baasyir

| 17 Nov 2021 15:15
BNPT Sebut Ustaz Farid Okbah yang Ditangkap Densus 88 Pernah ke Afganistan Atas Perintah Abu Bakar Baasyir
Tiga terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, yakni berinisial AA, AZ dan FAO. (Twitter/Yusuf Muhammad)

ERA.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut Ustaz Farid Okbah yang ditangkap Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri merupakan alumni Afganistan.

Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid mengatakan Farid Okbah terlibat dengan jaringan teror Jamaah Islamiyah. Menurut dia, Farid juga pernah menjabat sebagai koordinator JI untuk Al-Qaeda di Afghanistan.

Menurut Ahmad, Farid ke Afghanistan atas perintah dari Abu Bakar Baasyir yang merupakan pemimpin spritual Jamaah Islamiyah atau Abdullah Sungkar pendiri dari kelompok teroris tersebut.

Dia juga menyatakan pada tahun 1992, Farid ditunjuk sebagai melakukan pelatihan sejumlah kader ustaz yang menyebarkan visi misi Jamaah Islamiyah dengan mendalami kitab wahabih dan fiqh jihad.

"Yang jelas yang bersangkutan ke Afganistan pastilah atas perintah ABB atau Abdullah Sungkar saat itu," jelas Ahmad Nurwakhid kepada Era.id pada Rabu (17/11/2021)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI), Ustaz Farid Okbah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror, Selasa (16/11).

Diketahui, Ustaz Farid Okbah ditangkap Densus 88 Antiteror di kediamannya di daerah Bekasi, usai menunaikan salat subuh.

Penangkapan Farid Okbah oleh Densus 88 Antiteror ini tentunya sangat mengejutkan publik.

Pasalnya selama ini Ia lebih dikenal masyarakat lewat ceramah-ceramahnya yang membongkar aliran sesat.

Terungkap ternyata Ustaz Farid Okbah yang ternyata pernah menyambangi Istana Negara dan bertemu Presiden Jokowi, pada medio 2020 lalu.

Rekomendasi