Momen Jenderal Dudung Abdurachman Disumpah sebagai KSAD di Bawah Al-Quran

| 17 Nov 2021 17:27
Momen Jenderal Dudung Abdurachman Disumpah sebagai KSAD di Bawah Al-Quran
KSAD jenderal TNI Dudung Abdurachman (Dok.BPMI)

ERA.id - Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang dipilih menjadi Panglima TNI.

Dudung kini berpangkat jenderal bintang setelah dilantik sebagai KSAD. Presiden Joko Widodo melantik Dudung sebagai KSAD di Istana Negara, Rabu (17/11/2021) dan disumpah di bawah Al-Qur'an.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada negara dan bangsa," demikian sumpah yang ucapkan Letjen Dudung dengan dipandu Presiden Jokowi.

Dudung sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Nama Dudung melambung dan menjadi buah bibir masyarakat saat menjabat sebagai Pangdam Jaya.

Hal itu berkaitan dengan perintahnya kepada jajaran untuk mencopoti baliho dan atribut Habib Rizieq Shihab pada September 2020.

Sumpah jabatan tersebut turut dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin, Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri, serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dan beberapa lainnya.

Rekomendasi