Urgensi Maksimalkan Digital Platform untuk UMKM Saat Pandemi

Tim Editor

Ilustrasi digital platform (Dok. Antara)

ERA.id - Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama memastikan akan memberikan fasilitas untuk meningkatkan kemampuan bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan ekonomi secara online.

"Tadinya mungkin penjualan secara di pasar-pasar secara fisik, mungkin juga marketnya itu sebagian orang hanya daerah tertentu, maka secara online UMKM ini dengan marketplace yang ada itu pasarnya menjadi nasional. Makanya kami menyediakan, memfasilitasi semua untuk bisa mendapatkan sertifikasi profesi," katanya dalam diskusi daring, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, UMKM perlu melakukan transformasi digital di saat pandemi. Sebab internet memudahkan pelaku ekonomi untuk berbisnis dengan lebih mudah. Apalagi saat ini Indonesia sudah banyak memiliki platform marketplace.


"Itu semua memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh komponen bangsa untuk melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi," katanya.

Adapun Kominfo, ia memastikan terus mengawal transformasi digital lewat project Palapa Ring di wilayah Barat, Tengah dan Timur. Lalu juga pemerataan akses internet ke semua daerah sampai ke daerah 3T yaitu untuk infrastruktur dan juga aplikasi.

"Pemulihan Ekonomi Nasional kita patut syukuri bahwa di Indonesia pada beberapa bulan terakhir diberikan kesehatan seluruh bangsa ini merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa bahwa kasus covid di Indonesia sangat minimal. Dan ini patut disyukuri di bandingkan dari negara-negara lain di Eropa, di ASEAN, di Amerika, negara tetangga pun juga melakukan lockdown, mudah-mudahan ini segera berakhir pandemi Global seluruh dunia dan beruntung sekali bahwa kondisi kita cukup baik," katanya.

Tag: umkm digital platform kominfo

Bagikan: