Kapan Jadwal Pemilu 2024? DPR: Baru Ditentukan Tahun Depan

| 02 Dec 2021 19:02
Kapan Jadwal Pemilu 2024? DPR: Baru Ditentukan Tahun Depan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat kerja terkait pengambilan keputusan jadwal pencoblosan Pemilu 2024 pada awal 2022.

Rapat kerja akan dilakukan bersama pemerintah, KPU, Bawaslu, dan DKPP.

Doli mengatakan, alasan baru menggelar rapat kerja tahun depan supaya pembahasan jadwal Pemilu 2024 lebih matang.

"Kami di Komisi II, tadi kami baru rapat dan merencakan, nanti akan menggelar rapat kerja Komisi II dengan Mendagri, dengan seluruh penyelenggara pemilu nanti setelah reses. Tahun depan, supaya matang," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Terkait dengan surat dari KPU yang meminta Komisi II DPR RI menggelar rapat pada 7 Desember 2021, Doli mengaku komisinya belum menerima surat tersebut.

Dia menegaskan, KPU tak bisa juga mengintervensi kerja DPR RI, termasuk soal meminta rapat di tanggal 7 Desember. Doli bilang, pihaknya juga memiliki perencanaan lain.

"Jadi tolong hormati DPR. Enggak bisa didinte harus tanggal 7, DPR ini adalah lembaga negara yang punya agenda sendiri yang punya perencanaan sendiri," tegasnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan komisinya bisa saja menginisiasi rapat pengambilan keputusan tanggal pemilu di masa sidang ini sebelum akhir tahun asalkan pemerintah dan KPU sudah memiliki kesepatan terkait jadwal pemilu.

"Jika Pemerintah bersama KPU sudah menyatakan  kesepakatan, selanjutnya  bisa saja dilakukan berdasarkan rapat pimpinan dan pleno diagendakan kegiatan penentuan jadwal pemilu. Kita cari jadwal yang kosong," kata Guspardi.

Untuk diketahui, hari pencoblosan Pemilu 2024 masih belum diputuskan. Sebabnya pemerintah dan KPU memiliki pandangan yang berbeda. KPU sejak awal mengusulkan hari pencoblosan jatuh pada 21 Februari 2024. Sementara pemerintah mengusulkan pada 15 Mei 2024.

Rekomendasi