Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024 yang Perlu Dicatat!

| 30 Nov 2023 19:00
Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024 yang Perlu Dicatat!
Ilustrasi surat suara (Dok KPU)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menentukan jadwal debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024. Seperti yang diketahui, debat merupakan salah satu metode yang digunakan dalam kampanye pemilu. Seperti yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, debat pasangan capres-cawapres akan diselenggarakan sebanyak lima kali. Lantas, kapan jadwal debat capres-cawapres 2024? Simak di bawah ini.

Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024

  • Debat pertama: 12 Desember 2023
  • Debat kedua: 22 Desember 2023
  • Debat ketiga: 7 Januari 2024
  • Debat keempat: 21 Januari 2024
  • Debat kelima: 4 Februari 2024

Secara keseluruhan, KPU memastikan bahwa debat capres-cawapres akan diselenggarakan di Jakarta. Seluruh stasiun televisi juga akan menayangkan siaran debat ini. Mengacu pada Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilu, debat capres-cawapres akan berjalan selama 150 menit.

Tema debat sendiri ditentukan setelah KPU melakukan koordinasi dengan pasangan capres-cawapres dan/atau tim kampanye masing-masing pasangan calon.

"Tema spesifik setiap debat pasangan calon disusun bersama dengan panelis sesuai dengan bidang keahliannya, baik dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh masyarakat," kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Masing-masing capres-cawapres tidak diperkenankan diganti atau diwakili oleh orang lain dalam debat. Pasangan capres-cawapres diizinkan untuk mengundang tim kampanye masing-masing ataupun tamu undangan lain untuk ikut hadi dalam acara debat ini.

Adapun untuk rinciannya, 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan. Model debat dijalankan dengan format kandidat-moderator, dengan kehadiran moderator yang bertugas untuk mendampingi pendalaman materi. Menurut UU Pemilu, moderator debat diambil dari kalangan profesional dan akademisi oleh KPU.

Foto bersama paslon capres-cawapres Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa 14 November 2023. (Antara-Galih Pradipta)

Ketentuan Moderator Debat Capres-Cawapres 2024

Moderator debat harus mempunyai ketentuan berupa integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Secara umum, KPU mengatur bahwa tema debat Pemilu 2024 merujuk pada visi nasional seperti yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Sebagai informasi, masa kampanye Pemilu 2024 akan berlangsung selama 75 hari, dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye selesai, tahapan pemilu akan memasuki masa tenang selama tiga hari yaitu 11-13 Februari 2024.

Selanjutnya, pemungutan suara serentak di seluruh Indonesia akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Selain presiden dan wakil presiden, masyarakat juga memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Adapun untuk level pemilu presiden, ada tiga capres dan cawapres yang akan tampil di panggung. Ketiganya antara lain, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai paslon nomor urut 3.

Selanjutnya, ada 24 partai politik peserta Pemilu 2024 dengan perincian 18 partai politik nasional dan 6 partai politik lokal Aceh. Sedangkan di level DPR RI, terdapat 9.917 calon anggota legislatif (caleg) yang akan berlaga memperebutkan 580 kursi Parlemen. Sedangkan untuk calon anggota DPD ada sebanyak 668 orang.

Demikianlah ulasan tentang jadwal debat capres-cawapres 2024 yang sebentar lagi akan berlangsung.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi