Tak Pede Maju Pilpres 2024, Zulkifli Hasan: Nama Saya Nggak Ada Huruf "O"nya

| 09 Dec 2021 15:22
Tak Pede Maju Pilpres 2024, Zulkifli Hasan: Nama Saya Nggak Ada Huruf
Zulkifli Hasan (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku tak tertarik menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Hal ini menanggapi peluangnya mengikuti kontestasi Pilpres mendatang.

"Wah saya nggak nyalon (pilpres 2024), nggak ada duet duet," Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Alasan Zulhas tak berminat maju di Pilpres 2024 lantaran namanya tak memiliki unsur huruf 'O'. Hal ini merujuk pada sejumlah nama presiden Indonesia sejak era orde lama yang nyaris semunya memiliki unsur huruf 'O' seperti Soekarno, Suharto, Megawati Soekarnoputri, Susilo Babang Yudhoyono, dan Joko Widodo.

Menurutnya, tidak bisa menjadi calon presiden karena kepercayaan menjadi kepala negara di Indonesia harus memiliki unsur 'O' dalam namanya.

"Nama saya Zulkifli Hasan, nggak ada 'O' nya, ya lu tau lah," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Juru Bicara Muda PAN Dimas Prakoso Akbar mengatakan pihaknya berniat menduetkan Zulkifli Hasan dengan Ridwan Kamil sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di 2024.

Dimas bilang, PAN mengusung Zulkifli sebagai calon presiden sebagai keputusan Rakernas 2021.

"Mengenai peluang menduetkan Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil tentu sangat mungkin. Pak Zul memiliki kapasitas sebagai ketum partai dengan segudang pengalaman di tingkat nasional, kang Emil merupakan salah satu kepala daerah yang memiliki segudang prestasi dan selalu masuk tujuh besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi di sejumlah survey. Jadi peluang itu sangat ada," kata Dimas, Rabu (8/12)

Rekomendasi