Aksi Jokowi dan Ganjar Hujan-hujanan Bareng Petani Wonosobo Saat Tinjau Food Estate

| 14 Dec 2021 21:45
Aksi  Jokowi dan Ganjar Hujan-hujanan Bareng Petani Wonosobo Saat Tinjau Food Estate
Jokowi dan Ganjar di food estate Wonosobo, Selasa (14/12). Dok. Pemprov Jateng

ERA.id - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Sejumlah lokasi dikunjungi presiden, salah satunya mengunjungi food estate nasional di Desa Lamuk, Kabupaten Wonosobo. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampak mendampingi Jokowi, termasuk saat turun hujan, dengan payung merah yang mencolok.

Di tempat itu, Ganjar mendampingi Jokowi menanam cabai, bawang putih, dan sejumlah bibit hortikultura lainnya. Jokowi dan Ganjar juga mengajak dialog para petani yang ada di daerah itu.

"Tadi Pak Presiden dialog dengan petani, mereka seneng banget. Saking semangatnya, mereka minta Presiden datang lagi untuk panen cabai dan bawang," kata Ganjar.

Banyak hal dibahas dalam pertemuan itu. Termasuk soal bawang putih, yang menurut Ganjar menjadi perhatian Presiden Jokowi.

"Yang harus dibereskan hari ini adalah bawang putih, itu nomor satu. Karena impor kita masih tinggi dan ketika petani panen, harganya jatuh," jelasnya.

Jokowi dan Ganjar di food estate Wonosobo, Selasa (14/12). Dok. Pemprov Jateng

Ganjar pun mengapresiasi langkah cepat Jokowi yang langsung menelepon Menteri Perdagangan. Jokowi meminta agar ada jalan keluar dari persoalan itu.

"Ini cara terbaik menurut saya dan mesti dieksekusi segera. Sehingga mereka petani yang panen, juga mendapatkan hasil yang pantas," tegasnya.

Selain itu, kata Ganjar, Jokowi juga berpesan terkait pemilihan bibit yang unggul. Dengan begitu, maka hasil produksi akan menjadi yang terbaik.

"Bibitnya mesti the best. Kalau itu sudah, maka kita harus jadi nomor satu," pungkasnya.

Selain mengunjungi food estate di Wonosobo, Jokowi dan Ganjar juga mengunjungi sejumlah lokasi. Di antaranya menanam bawang dan meresmikan embung Bansari Temanggung dan memberikan bantuan kepada sejumlah pedagang di Pasar Kertek Wonosobo.

Rekomendasi