Terungkap Kasus Baru Penularan Omicron Transmisi Lokal, Ini Kronologinya

| 28 Dec 2021 12:05
Terungkap Kasus Baru Penularan Omicron Transmisi Lokal, Ini Kronologinya
Petugas saat melakukan Swab tes bagi masyarakat kota Tangerang. (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemnekes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kasus transmisi lokal Omicron yang terbaru di Indonesia. Transmisi tersebut dialami laki-laki berusia 37 tahun yang tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

"Pasien dan istri kini tinggal di Medan, dan ke Jakarta satu bulan sekali. Dan dari data yang ada mereka tiba di Jakarta pada 6 Desember yang lalu, kemudian pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Dan pada tanggal 19 Desember melakukan tes antigen dan dinyatakan positif dikarenakan yang bersangkutan merencanakan untuk kembali ke Medan," kata Nadia lewat Youtube Kemenkes, Selasa (28/12/2021).

Ia melanjutkan pria tersebut melakukan swab PCR pada 20 Desember dan konfirmasi omicron didapatkan dari laboratorium DSI pada 26 Desember.

"Sebagai tindak lanjut tentunya yang bersangkutan saat ini sedang dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RSPI Sulianti Saroso," katanya.

Nadia memastikan saat ini Dinkes Kesehatan sudah berkomunikasi dengan Dinas Parakeraf untuk melakukan tracing di tempat yang bersangkutan datangi di SCBD. Lalu juga tracing di sekitar tempat tinggal yang bersangkutan. Serta melakukan tracing terkait kegiatan yang dilakukan yang dilakukan selama berada di Jakarta.

"Selanjutnya tentunya akan dilakukan swab PCR kepada beberapa pegawai. Selain itu juga akan dilakukan tracing kepada tenaga kesehatan dan kontak erat di mana yang bersangkutan melakukan pemeriksaan PCR yaitu RS Grand Family, dan Lab-cell, yang melakukan tes PCR serta Antigen kepada yang bersangkutan," katanya.

Rekomendasi