Kondisi Terkini Pasien Transmisi Lokal Omicron di RI, Kemenkes: Tidak Bergejala

| 28 Dec 2021 12:12
Kondisi Terkini Pasien Transmisi Lokal Omicron di RI, Kemenkes: Tidak Bergejala
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pasien pertama transmisi lokal virus corona varian omicron di tanah air dalam kondisi tidak bergejala.

"Kondisi klinis dari pada yang bersangkutan ini tidak bergejala ya, jadi sama sekali tidak ditemukan gejala sampai dengan hari ini," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan pers virtual, Selasa (28/12/2021)..

Menurut Nadia, sejak yang bersangkutan terdiagnosis positif Covid-19 melalui tes usap antigen, tes usap PCR 20 Desember, dan tes WGS 26 Desember, tidak ditemukan gejala khusus.

"Artinya orang ini tanpa gejala," kata Nadia.

Kemudian terungkap pasien Omicron tersebut pernah mengunjungi salah satu restoran di kawasan SCBD, Jakarta pada pertengahan Desember lalu.

"Kemudian pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Dan pada tanggal 19 Desember melakukan tes antigen dan dinyatakan positif dikarenakan yang bersangkutan merencanakan untuk kembali ke Medan," sambungnya.

Kini Kemenkes bakal melakukan tracing ke orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien tersebut.

"Dinkes Kesehatan sudah berkomunikasi dengan Dinas Parakeraf untuk melakukan tracing di tempat bersangkutan datangi di SCBD, dan juga di sekitar tempat tinggal yang bersangkutan. Serta melakukan tracing terkait kagian yang dilakukan yang bersangkutan selama berada di Jakarta," ucapnya.

Rekomendasi