Pasien Omicron Transmisi Lokal Tak Bergejala, Istrinya Negatif Covid-19

| 28 Dec 2021 15:40
Pasien Omicron Transmisi Lokal Tak Bergejala, Istrinya Negatif Covid-19
Ilustrasi swab test (Dok. Antara)

ERA.id - Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemnekes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kondisi pasien yang mengidap Covid-19 varian Omicron lewat transmisi lokal saat ini tak bergejala. Bahkan istri pasien ternyata negatif Covid-19.

"Tanggal 6 Desember mereka tiba di Jakarta tentunya dengan hasil pemeriksaan rapid antigen 1x24 jam yang negatif. Kemudian selama 6 Desember mereka ada di Jakarta sampai dengan tanggal 19 Desember. Di mana tanggal 19 itu melakukan pemeriksaan antigen positif, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR pada 20 Desember. Istrinya negatif," kata Nadia lewat Youtube Kemenkes, Selasa (28/12/2021).

Ia menjelaskan kondisi klinis pasien positif Omicron tidak bergejala sampai hari ini. Gejala tersebut tak ditemukan sejak terdiagnosis positif dengan rapid antigen maupun pemeriksaan PCR positif pada 20 Desember.

"Dan ini adalah per tanggal 27 tidak ada gejala khusus ataupun tdak ditemukan gejala. Artinya orang ini adalah tanpa gejala," kata Nadia.

Sebelumnya, Nadia mengungkapkan kasus transmisi lokal Omicron yang terbaru di Indonesia. Transmisi tersebut dialami laki-laki berusia 37 tahun yang tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

"Pasien dan istri kini tinggal di Medan, dan ke Jakarta satu bulan sekali. Dan dari data yang ada mereka tiba di Jakarta pada 6 Desember yang lalu, kemudian pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Dan pada tanggal 19 Desember melakukan tes antigen dan dinyatakan positif dikarenakan yang bersangkutan merencanakan untuk kembali ke Medan," kata Nadia lewat Youtube Kemenkes, Selasa (28/12/2021).

Ia melanjutkan pria tersebut melakukan swab PCR pada 20 Desember dan konfirmasi omicron didapatkan dari laboratorium DSI pada 26 Desember.

"Sebagai tindak lanjut tentunya yang bersangkutan saat ini sedang dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RSPI Sulianti Saroso," katanya.

Rekomendasi