Mengenang Aksi Anies Baswedan yang Bilang Jokowi Boneka Rakyat, Masih Ingat?

| 10 Jan 2022 11:11
Mengenang Aksi Anies Baswedan yang Bilang Jokowi Boneka Rakyat, Masih Ingat?
Presiden Jokowi saat melantik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. (Setkab)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap diisukan berseberangan dengan Presiden Jokowi. Namun banyak orang yang lupa, kalau Anies dan Jokowi pernah mesra.

Buktinya, Anies sempat menjadi Menteri Pendidikan pada periode pertama Jokowi-Jusuf Kalla, 2014-2019.

Ada hal yang unik saat Anies masih membela Jokowi mati-matian sebelum akhirnya ia dicopot dari kursi menteri. Seperti apa bentuknya?

Semasa kampanye, Anies jadi garda terdepan dalam menghalau isu miring yang dilamatkan kepada Jokowi, termasuk capres boneka.

Saat mendengar itu, Anies langsung membela. Ia bilang, Jokowi boneka rakyat, bukan capres boneka.

"Pak Jokowi (saat debat capres) memberi pernyataan saya hanya tunduk pada konstitusi, pada rakyat. Dia bonekanya rakyat," kata juru bicara tim sukses Jokowi-Jusuf Kalla itu usai diskusi di Apatemen Excecutive Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2014) silam, dikutip dari Medcom.

Saat itu, Anies masih menjadi Rektor Universitas Paramadina. Isu tersebut, kata Anies, mirip dengan tuding ke Jokowi, sewaktu maju di Pilgub DKI.

Ia dituding sebagai boneka Prabowo. "Di 2012, beberapa media sempat memberitakan kesan Pak Jokowi bisa menjadi boneka Prabowo," terang Anies.

Anies mengenang, dulu ada satu majalah politik yang menampilkan cover depan foto Jokowi berada di sebelah Prabowo layaknya boneka.

Faktanya, isu itu tak pernah terbukti. "Buktinya, Pak Jokowi justru melawan dengan pertanyaan penutup (saat debat capres)," jelas Anies.

Rekomendasi