Komisi III DPR Minta Polri Tak Ganti Warna Seragam Satpam: Dipertahankan, Justru Dibikin Lebih Mirip

| 13 Jan 2022 15:33
Komisi III DPR Minta Polri Tak Ganti Warna Seragam Satpam: Dipertahankan, Justru Dibikin Lebih Mirip
Ilustrasi polisi (Wikimedia Commons)

ERA.id - Komisi III DPR RI meminta Polri tak terburu-buru mengubah warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.

"Jangan buru-buru ambil keputusan warna apa yang akan digunakan untuk satpam. Nanti begitu ada kritikan diganti lagi," kata Anggota Komisi III DPR RI Santoso kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Santoso mengingatkan, jangan sampai para satpam terbebani karena harus mengganti lagi warna seragamnya. Terlebih saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

"Jangan bebani masyarakat dan dunia usaha dengan pembelian seragam satpam yang baru digunakan, pandemi Covid-19 ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam hal ekonomi," kata Santoso.

Dia menilia, warna seragam satpam saat ini lebih banyak sisi positifnya, sebab mengurangi tingkat kejahatan. Sehingga, seharusnya dipertahankan.

"Apalagi jumlah anggota Polri dengan perbandingan jumlah penduduk belum ideal maka terobosan Polri dalam rangka mengurangi tingkat kejahatan sangat diperlukan salah satunya dengan kesamaan seragam satpam dengan Polri," kata Santoso.

Senada, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengaku banyak mendapat laporan, sejak seragam satpam mirip dengan seragam Polri, lingkungan pemukiman masyarakat menjadi lebih aman.

Menurutnya, hal itu disebabkan karena psikologi masyarakat yang sudah cukup takut terhadap polisi. Sehingga, banyak orang menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak.

"Orang yang melihat ini akan jadi takut, banyak laporan ke kami ya di komplek-komplek perumahan ketika satpamnya berpakaian seperti polisi lebih aman, lebih aman. Kita juga kadang begitu juga kan, eh ada polisi, kita lebih berhati-hati," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Oleh karenanya, dalam rapat Komisi III dengan Polri pekan depan, dia akan meminta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk tetap mempertahankan warga seragam Satpam saat ini.

"Saya akan dalam raker minggu depan dengan kapolri saya akan minta itu seragam saat ini dipertahankan," katanya.

"Sudah bagus ini, justru harus dipertahankan bahkan dibikin lebih mirip lagi kalau perlu," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwaremna cokelat muda menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhanmenyebutkan pengubahan warna seragam Satpam tersebut untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (12/1).

Rekomendasi