Prihatin Arteria Dahlan Minta Pecat Kajati Berbahasa Sunda, Plt Walkot Bandung: Hargai Semua Bahasa

| 19 Jan 2022 16:52
Prihatin Arteria Dahlan Minta Pecat Kajati Berbahasa Sunda, Plt Walkot Bandung: Hargai Semua Bahasa
Arteria Dahlan (Dok. DPR)

ERA.id - Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku prihatin dengan permintaan anggota DPR RI, Arteria Dahlan untuk memecat Kajati yang berbicara bahasa Sunda. Sebab, Arteria seyogyanya memahami setiap orang Indonesia memiliki bahasa daerah, termasuk bahasa Sunda merupakan bahasa ibu.

"Selama bahasa Sunda bisa dipahami, tentu itu masih wajar, kalaupun dalam sebuah rapat ada yang tidak paham, pembicara yang menggunakan bahasa Sunda akan mengulangnya dengan Bahasa Indonesia," ungkap Yana di Bandung, Rabu (19/1/2022).

Yana menyayangkan, sikap yang dari Arteria. Dimana bisa berpotensi merusak keharmonisan dari beragamnya budaya yang ada di Indonesia.

"Tolong dihargai, kita ini punya bahasa daerah dan digunakannya juga di daerah kita," ujarnya.

Guna meredakan kekesalan orang-orang Sunda yang ada di Indonesia khususnya Kota Bandung, Yana menuturkan agar Arteria segera meminta maaf atas sikap intoleransi budaya Arteria.

"Hargailah semua bahasa yang ada di Indonesia termasuk bahasa Sunda, saya yakin dalam rapat yang isinya adalah orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahasa Sunda digunakan untuk menyapa dan tujuannya untuk menyatukan bangsa," tutupnya.

Rekomendasi