Terpukau, Pengasuh Pesantren Lirboyo Jatim Dorong Ridwan Kamil Nyapres

| 21 Jan 2022 17:18
Terpukau, Pengasuh Pesantren Lirboyo Jatim Dorong Ridwan Kamil Nyapres
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kamis (20/1/2022) malam. (Pemprov Jabar)

ERA.id - Menurut seorang Pengasuh Pondok Lirboyo, Kediri, KH Abdullah Kafabihi Mahrus, Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil dinilai layak maju dalam Pilpres 2024.

"Beliau kandidat, survei baik. Adapun jadi presiden atau tidak itu urusan lain. Yang penting kita harus mengakomodir capres yang akan datang, yang baik untuk kebaikan negara kita. Ridwan Kamil termasuk yang baik," kata Kiai abdullah, Jumat (21/1/2022).

Kang Emil sendiri mengunjungi Jawa Timur dan agenda kerjanya menemui santri asal Jabar yang sedang menimba ilmu di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

"Jadi tadi Kang Ridwan Kamil datang untuk bersilaturahim, santri Lirboyo dari Jabar yang ada di sini sekitar empat ribu orang. Alumni santri dari Jawa Barat juga banyak," katanya.

Kata Kiai Abdullah, saat berkunjung, Emil meminta doa dan nasihat kepadanya agar diberi kelancaran saat menjalankan tugas sebagai pejabat publik.

"Beliau ingin Jawa Barat itu menjadi lebih maju dan lebih baik lagi serta menonjol ke-Islamannya. Islam yang menaungi siapapun, termasuk yang berbeda agama," ujarnya.

Sementara itu, Emil mengaku baru mengetahui, dari 40 ribu santri Pesantren Lirboyo, empat ribu lebih di antaranya merupakan santri asal Jabar.

Dia pun bangga pada mereka karena bisa menimba ilmu di salah satu pesantren yang punya nama besar di Jawa Timur.

"Saya ke sini pertama kali karena mendengar ada empat ribuan santri asal Jabar yang menimba ilmu di pesantren Lirboyo," katanya.

Dalam kunjungan kerja itu, Emil sempat berbincang dengan beberapa santri asal Jabar dan memberi bantuan.

Kepada para santri Jabar, dirinya berpesan agar di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Ia berharap mereka lulus dengan baik dan dapat menjaga nama baik Jabar.

Ridwan Kamil mengaku akan membantu pengembangan Pesantren Lirboyo yang cabangnya berada di Majalengka, Jabar.

"Termasuk saya baru tahu dan bahagia Pesantren Lirboyo punya cabang di Majalengka. Itu nanti akan kita bantu kembangkan, sehingga nanti ada pilihan ke Kediri atau ke Lirboyo yang di Majalengka," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Pesantren Lirboyo, selain menemui santri Jabar, Ridwan Kamil juga bersilaturahmi dengan para sesepuh dan pengurus pesantren.

Rekomendasi