Kemarin Berkerumun, Kini Jokowi Nasihati Kita: Jaga Prokes, Kurangi Aktivitas yang Tak Perlu

Tim Editor

Jokowi saat mengunjungi Sumatera Utara (Setpres)

ERA.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bikin warga berkerumun di beberapa tempat seperti Kabupaten Dairi dan Pasar Porsea, Toba, Sumatera Utara.

Kerumunan di Pasar Porsea sendiri, terjadi pada Rabu (2/2/2022). Saat itu, Jokowi membagi kaus. Hal itu terungkap dalam video yang viral di Twitter.

Dalam video itu, warga mengerumuni mobil Jokowi. Mereka semua ingin mendapatkan kaus yang dibagikan Jokowi. "Pak Mulyono bagi-bagi kaus di Pasar Porsea, Toba, Sumatera Utara, kemarin 2/Feb/2022," cuit @QaillaAsyiqah pada Kamis (3/2/2022).


Dari aksi itu, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mesti kerja ekstra agar kerumunan warga tidak mengenai mobil presiden. Pada video itu juga Jokowi terlihat melakukan sesi foto bersama seorang warga.

Setelahnya, Jokowi langsung mengimbau warga untuk menjaga protokol kesehatan demi melindungi diri dari virus varian baru Covid-19, Omicron.



Ia mengabarkan pesan penting tersebut lewat akun twitter-nya. "Lonjakan kasus Covid-19 yang sedang terjadi, sudah kita perkirakan sebelumnya. Karena itulah, kesiapan kita sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu, dari rumah sakit, obat-obatan, oksigen, hingga tenaga kesehatan. Saya meminta Bapak, Ibu, dan saudara-saudara tetap tenang."

"Varian omicron ini memang tingkat penularannya tinggi, namun tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan dengan varian delta. Di beberapa negara, juga di Indonesia, kasusnya melonjak cukup tinggi, namun tingkat keterisian  rumah sakit masih terkendali."

"Varian Omicron dapat disembuhkan tanpa harus ke rumah sakit. Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, dan segera tes kembali setelah 5 hari."

"Saya telah memerintahkan Koordinator PPKM Jawa Bali dan Koordinator PPKM luar Jawa Bali untuk segera mengevaluasi level PPKM. Jajaran pemerintah daerah dibantu TNI dan Polri saya minta memastikan: protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat dan vaksinasi terus dijalankan."

"Saya meminta Bapak, Ibu, dan saudara-saudara tetap tenang. Tetaplah disiplin menjaga protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu. bagi yang belum divaksin agar segera divaksin. Bagi yang sudah divaksin lengkap dan sudah waktunya dibooster agar segera divaksin booster," tandasnya.

Tag: jokowi covid-19 di indonesia sumatera utara kerumunan omicron

Bagikan: