Staf Ahli Menkominfo Soal Dampak Percepatan Digital: Semua Orang Bisa Jadi Politisi, Wartawan Hingga Provokator

| 18 Feb 2022 21:15
Staf Ahli Menkominfo Soal Dampak Percepatan Digital: Semua Orang Bisa Jadi Politisi, Wartawan Hingga Provokator
Ilustrasi internet (Dok. Antara)

ERA.id - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Henry Subiakto menilai perlu etika dalam penggunaan internet. Sebab saat ini semua orang bisa menjadi politisi, wartawan, termasuk juga provokator dan lainnya.

"Banyak sekali user pengguna internet di Indonesia berlalu lalang menirim pesan kebeberapa media sosial dan banyak juga pesan saling tuduh dan saling serang di luar sana," kata Henry dalam diskusi daring, Jumat (18/2/2022).

Apalagi di masa pandemi, ia menambahkan penggunaan internet yang semakin banyak membuat semakin banyak juga terjadi konflik. Ia pun mengingatkan agar memperlakukan orang di luar sama seperti diri sendiri.

"Jika kita ingin dihormati maka hormati orang lain, jika kita tidak ingin dihina maka jangan menghina mereka, beragam orang-orangg di luar sana, maka kita harus menghargai mereka. Jangan sampai kita menyenggol mereka, kita harus berhati-hati karena ada juga jejak digital," katanya.

Ia juga mengingatkan agar berhati-hati terhadap penipuan dan hacker. Sebab saat ini juga sudah banyak korban penipuan.

"Belajar mengenai UU ITE, ada beberapa larangan ITE yaitu larangan berbuat jahat menggunakan ITE dan larangan jahat terhadap ITE," katanya.

Tags : digital internet
Rekomendasi