Pemerintah Bakal Buat Sayembara Desain Gedung DPR HIngga Mahkamah Agung di Ibu Kota Baru, Siapa Berminat?

| 23 Feb 2022 20:13
Pemerintah Bakal Buat Sayembara Desain Gedung DPR HIngga Mahkamah Agung di Ibu Kota Baru, Siapa Berminat?
Ilustrasi ibu kota baru (Antara)

ERA.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menggelar sayembara merancang gedung-gedung pemerintahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Rencananya, sayembara ini akan diumumkan pekan depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sayembara ini ditujukan bagi para arsitektur di Indonesia. Nantinya mereka akan diminta untuk mendesain gedung kantor Wakil Presiden, DPR RI, hingga Mahkamah Agung.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah akan mengumumkan sayembara untuk gedung DPR/MPR/DPD, MA, Wapres. Sebanyak mungkin gedung-gedung itu kita sayembarakan," ungkap Basuki dalam acara 'Beranda Nusantara, Menuju Ibu Kota Negara Baru', Rabu (23/2/2022).

Basuki mengaku rencana ini juga sudah disampaikan kepada Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Dia meyakini, akan ada banyak arsitek yang tertarik untuk merancang gedung-gedung pemerintahan di IKN Nusantara.

Dia menegaskan, sayembara ini juga menunjukan bahwa proyek IKN bukanlah miliki kelompok tertentu saja. Malainkan milik semua masyarakat di Indonesia.

"Ibu kota negara ini punya kita semua. Bukan punya kelompok, bukan punya seseorang, bukan punya presiden, ini adalah punya kita semua. Semua orang pasti ingin berkontribusi, nah sekarang saatnya arsitek (berkontribusi)," kata Basuki.

Basuki berharap, rancangan gedung-gedung pemerintahan di IKN Nusantara mampu dinikmati oleh generasi selanjutnya. Misalnya, merancang bangunan yang memiliki banyak ruang terbuka.

"Ibu kota baru ini adalah ibu kota untuk the next generation. Contoh saja, kantor ke depan apakah kaya sekarang banyak blok-blok. Mungkin ke depan generasi muda tidak ingin lagi berkantor di gedung-gedung, dia ingin sharing, bisa kan bentuknya seperti teater," kata Basuki.

"Nah, sekaranglah saatnya arsitek yang harus banyak bicara, mendesain gedung-gedung," pungkasnya.

Tags :
Rekomendasi