Ibu Kota Baru Akan Jadi Wakanda-nya Indonesia

| 25 Dec 2019 20:28
Ibu Kota Baru Akan Jadi Wakanda-nya Indonesia
Sibarani Sofian (Anto/era.id)
Jakarta, era.id - Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Negara (IKN) sudah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Konsep 'Nagara Rimba Nusa' berhasil mengalahkan 291 proposal desain dari peserta lain yang juga mengikuti sayembara tersebut.

Desain ‘Nagara Rimba Nusa’ dibuat oleh perusahaan Urban+ yang didirikan oleh Sibarani Sofian, dan merupakan hasil kolaborasi 10 arsitek dari dalam dan luar negeri.

Sebagai salah satu arsitek yang tergabung dalam penciptaan konsep ini, Sibarani Sofian menceritakan bahwa saat mendesain ibu kota baru, dirinya sedikit terinspirasi dari kota fiktif Wakanda dari film Black Panther. Menurutnya, kondisi alam di sekitarnya juga menunjang bagi kota yang akan dibangun tanpa harus mengorbankan ekosistem.

"Kayak Wakanda, mungkin iya. Kalau inspirasinya sedikit banyak mengambil konsep desain dari kota-kota seperti Canberra atau Washington. Tapi kita juga tidak ingin menghilangkan karakter hutannya," kata Sofian.

Ia menambahkan, "Kami mengambil elemen dari hutan dan kepulauan di Indonesia yang sangat banyak. Jadi dengan elemen-elemen seperti itu niscaya, pemerintahan kita bisa tetap dekat dengan alam. Kebijakan alam atau nature wisdom yang bisa ikut menyelaraskan hubungan manusia dengan alam dan Tuhan."

Membuat desain konsep yang sesuai dengan kondisi alam sekitar menjadi tantangan tersendiri bagi tim Nagara Rimba Nusa. Mereka juga mendatangi daerah calon ibu kota baru tersebut untuk memantau langsung.

Berkat usaha maksimal ini, tim desain konsep pemenang sayembara tersebut berhak membawa pulang hadiah Rp2 miliar. Posisi juara ke-2 dan ke-3, masing-masing dipegang oleh desain bertema The Infinite City dan Kota Seribu Galur.

Rekomendasi