Menag Bandingkan Suara Azan dan Gonggongan Anjing, PAN: Orang yang Tidak Salat Saja Masih Hormati Azan

| 24 Feb 2022 12:45
Menag Bandingkan Suara Azan dan Gonggongan Anjing, PAN: Orang yang Tidak Salat Saja Masih Hormati Azan
Saleh Daulay (Dok. Instagram salehpd)

ERA.id - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menanggapi Menag Yaqut soal toa masjid yang dianggap disamakan dengan gonggongan anjing. Menurutnya, aturan toa mesjid benar-benar sangat disayangkan. Pernyataan itu bahkan dapat melukai perasaan umat Islam.

"Meski tujuan awalnya adalah untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan, namun pernyataan itu dinilai jauh dari kearifan dan kebijaksanaan. Sudah banyak yang mempersoalkan. Masyarakat telah bereaksi. Malah, di medsos dibahas dengan beragam komentar miring," kata Saleh dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Menurutnya, tidak sepatutnya seorang menteri agama membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing. Suara azan adalah seruan dan ajakan untuk melaksanakan shalat. Dan salat adalah ibadah yang sangat mulia dan wajib dihormati pelaksanaannya. Nah, apakah azan itu pantas dibandingkan dengan hal-hal lain yang tidak relevan.

"Orang yang tidak salat saja, masih menghormati azan. Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang sengaja dihentikan sementara ketika suara azan berkumandang. Nah, ini menteri agama kan santri. Kenapa malah membandingkan panggilan salat tersebut dengan gonggongan anjing?" kata Saleh.

Ia berharap agar masalah yang selama ini sudah membudaya tidak dipersoalkan dan diungkit-ungkit. Kalau disoal-soal dan diungkit-ungkit, akhirnya sesuatu yang selama ini dianggap biasa dan tidak mengganggu, menjadi suatu masalah. Terkesan ada stigmatisasi terhadap Islam dan pelaksanaan ajarannya.

"Soal azan ini sudah membudaya. Setiap waktu orang mengumandangkan azan. Diajarkan di banyak sekolah dan pesantren. Bahkan, ada perlombaan azan yang rutin dilaksanakan. Murid dan orang tua senang jika anaknya bisa menjadi juara. Kenapa mesti ada surat edaran Menteri Agama untuk mengatur volume suara azan? Bukankah tanpa ada surat edaran itu, kehidupan di masyarakat tenang-tenang saja?" katanya.

Ia menilai menteri agama sangat tidak bijak. Sehingga perlu bicara dengan MUI dan ormas-ormas keagamaan Islam terkait masalah ini. "Dialog dengan tokoh-tokoh agama ini sangat perlu untuk meluruskan apa yang sedang terjadi saat ini," katanya.

Rekomendasi